Page 149 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 149

Cara melakukan srategi fokus:

                     (a)  strategi  fokus  biaya  :  bertujuan  untuk  menjadi  pemimpin  biaya  dalam  ceruk
                           tertentu;

                     (b)  strategi pembedaan produk: mengejar diferensiasi untuk pasar tertentu.


               (3)  Matriks Ansoff: Strategi Produk/Pasar
                     Matematikawan Igor Ansoff membuat matriks pada gambar 4.11 yang menggambarkan

                     bagaimana kombinasi dari kegiatan bisnis di pasar saat ini dan pasar baru, dengan produk

                     yang ada dan baru dapat mengarah kepada empat strategi kompetitif yang berbeda untuk
                     pertumbuhan.

                                                                         Produk

                                                      Saat ini                                  Baru


                                            Saat ini  Penetrasi pasar          Pengembangan produk
                               DOKUMEN





                            Pasar
                                               Baru   Perluasan pasar                   Diversifikasi

                                                     IAI
                     Gambar 4.11 Produk Ansoff atau Matrik pasar


                     Produk yang ada di pasar saat ini: mengejar penetrasi pasar.

                     (a)  Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar saat ini dengan produk yang

                           ada, misalnya melalui harga kompetitif, iklan, promosi penjualan.
                     (b)  Mengamankan dominasi pasar pertumbuhan.

                     (c)  Merestrukturisasi pasar yang sudah berkembang dengan mengusir pesaing.

                     (d)  Meningkatan pelanggan yang sudah ada (misalnya, airmiles, poin loyalitas, harga
                           diferensial).


                     Produk yang ada di pasar baru: mengejar pengembangan pasar.

                     (a)  Area geografis baru dan pasar ekspor.
                     (b)  Ukuran paket yang berbeda untuk produk misalnya, makanan dan barang-barang

                           domestik lainnya.

                     (c)  Relasi distribusi baru untuk menarik pelanggan baru.


                                                           143
   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154