Page 149 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 149
Cara melakukan srategi fokus:
(a) strategi fokus biaya : bertujuan untuk menjadi pemimpin biaya dalam ceruk
tertentu;
(b) strategi pembedaan produk: mengejar diferensiasi untuk pasar tertentu.
(3) Matriks Ansoff: Strategi Produk/Pasar
Matematikawan Igor Ansoff membuat matriks pada gambar 4.11 yang menggambarkan
bagaimana kombinasi dari kegiatan bisnis di pasar saat ini dan pasar baru, dengan produk
yang ada dan baru dapat mengarah kepada empat strategi kompetitif yang berbeda untuk
pertumbuhan.
Produk
Saat ini Baru
Saat ini Penetrasi pasar Pengembangan produk
DOKUMEN
Pasar
Baru Perluasan pasar Diversifikasi
IAI
Gambar 4.11 Produk Ansoff atau Matrik pasar
Produk yang ada di pasar saat ini: mengejar penetrasi pasar.
(a) Mempertahankan atau meningkatkan pangsa pasar saat ini dengan produk yang
ada, misalnya melalui harga kompetitif, iklan, promosi penjualan.
(b) Mengamankan dominasi pasar pertumbuhan.
(c) Merestrukturisasi pasar yang sudah berkembang dengan mengusir pesaing.
(d) Meningkatan pelanggan yang sudah ada (misalnya, airmiles, poin loyalitas, harga
diferensial).
Produk yang ada di pasar baru: mengejar pengembangan pasar.
(a) Area geografis baru dan pasar ekspor.
(b) Ukuran paket yang berbeda untuk produk misalnya, makanan dan barang-barang
domestik lainnya.
(c) Relasi distribusi baru untuk menarik pelanggan baru.
143