Page 40 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 40

Sementara  itu  bagi  perusahaan  yang  menjalankan  sektor  jasa,

                                         maka ditambahkan lagi “3P” berikutnya yaitu:
                                             Sarana Fisik (Physical evidence)

                                              Merupakan hal nyata yang turut mempengaruhi keputusan
                                              konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau

                                              jasa yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana

                                              fisik antara lain lingkungan atau bangunan fisik, peralatan,
                                              perlengkapan, logo, warna dan barang-barang lainnya.

                                             Orang (People)

                                              Orang  adalah  semua  pelaku  yang  memainkan  peranan
                                              penting    dalam    penyajian    jasa   sehingga    dapat

                                              mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang adalah
                               DOKUMEN
                                              pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua

                                              sikap  dan  tindakan  karyawan,  cara  berpakaian  karyawan
                                              dan  penampilan  karyawan  memiliki  pengaruh  terhadap
                                                     IAI
                                              keberhasilan penyampaian jasa.

                                             Proses/(Process)
                                              Proses  adalah  semua  prosedur  aktual,  mekanisme,  dan

                                              aliran aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa.
                                              Elemen  proses  ini  memiliki  arti  sesuatu  untuk

                                              menyampaikan jasa. Proses dalam jasa merupakan faktor
                                              utama dalam bauran pemasaran jasa seperti pelanggan jasa

                                              akan  senang  merasakan  sistem  penyerahan  jasa  sebagai

                                              bagian dari jasa itu sendiri.


                                   (iv)  Segmentasi

                                         Definisi
                                         Segementasi  pasar  adalah  proses  pembagian  pasar  ke  dalam

                                         berbagai  kategori  jenis  pelanggan  atau  segmen  yang  memiliki
                                         kebutuhan dan keinginan serupa dan  yang menunjukkan minat

                                         pada produk yang sama.



                                                              34
   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44   45