Page 62 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 62

cenderung  menghasilkan  perasaan  yang  terletak  diantara

                                              ketidakpuasan dan tidak ada ketidakpuasan. Faktor-faktor
                                              motivasi  berhubungan  langsung  dengan  pekerjaan  yang

                                              dilakukan  oleh  para  karyawan,  sedangkan  faktor-faktor
                                              hygiene mengacu pada lingkungan tempat mereka bekerja.



                                              Teori ini menyatakan bahwa manajer sebaiknya mengikuti
                                              pendekatan  dua  langkah  dalam  meningkatkan  motivasi.

                                              Pertama  mereka  harus  memastikan  bahwa  faktor-faktor

                                              hygiene  seperti  kondisi  kerja  atau  kebijakan  yang  jelas,
                                              memang  dapat  diterima  dengan  baik.  Praktik  ini  tidak

                                              menghasilkan  hilangnnya  ketidakpuasan.  Kemudian,
                               DOKUMEN
                                              mereka  harus  menawarkan  faktor  motivasi,  seperti

                                              pengakuan atau tanggung jawab yang lebih besar, sebagai


                                                     IAI
                                              cara untuk meningkatkan kepuasan motivasi

                                   (vi)  Perilaku kelompok
                                         Kelompok  adalah  dua  orang  atau  lebih  yang  berinteraksi  satu

                                         sama  lain  sehingga  masing-masing  orang  mempengaruhi  dan
                                         dipengaruhi satu sama lain.


                                         Perilaku kelompok memiliki karakteristik, sebagai berikut:

                                             Mempunyai sasaran.

                                             Mempunyai ciri yang sama.
                                             Keberadaan norma-norma kelompok.

                                             Komunikasi dalam grup.

                                             Kehadiran seorang pemimpin.


                                         Manfaat kelompok
                                         Untuk bisnis, kelompok mempunyai manfaat sebagai berikut:

                                             Menambah keahlian.



                                                              56
   57   58   59   60   61   62   63   64   65   66   67