Page 203 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 203
ETIKA PROFESI
DAN TATA KElOlA
KORPORAT
KasUs
satYaM 1
Latar Belakang
Kasus penipuan terbesar di India adalah kasus Satyam Computer Services (Satyam) (Bhasin, 2013). Satyam
adalah perusahaan pengekspor jasa perangkat lunak keempat terbesar, dengan operasi menyebar di 68
negara. Kasus yang oleh media India diberi nama “India’s Enron” (Basilico et al., 2012; Bhasin, 2013),
tersebut meliputi penipuan (fraud) dan manipulasi laporan keuangan selama periode 10 tahun. Ironisnya,
Satyam berarti “truth” dalam bahasa India kuno “Sanskrit” (Basilico et al., 2012). Satyam bahkan pernah
memenangkan “Golden Peacock Award” untuk the best governed company di tahun 2008 (Basilico et al.,
2012; Behan, 2009).
Kasus penipuan di Satyam tersebut terutama dilakukan oleh chairman perusahaan tersebut, yaitu Ramalinga
Raju (Raju). Mr. Ramalinga Raju (Chairman dan Pendiri Satyam), yang telah ditangkap dan mengaku
melakukan penipuan sebesar $1.47 billion (atau Rs. 7,800 crore). Raju dan saudaranya, B. Rama Raju,
yang merupakan Managing Director menyembunyikan penipuan tersebut dari dewan, manajer senior, dan
auditor perusahaan.
Sejarah Satyam DOKUMEN
Satyam Computer Services Limited adalah perusahaan yang sedang ‘naik daun” dalam industri ‘outsourced’
IAI
IT-services di India. Satyam didirikan tahun 1987 di Hyderabad (India) oleh Ramalinga Raju (Sharma,
2011). Pada awal berdirinya perusahaan tersebut hanya mempunyai 20 pegawai dan kemudian berkembang
pesat sebagai perusahaan global. Satyam menawarkan jasa outsourcing teknologi informasi (TI) dan proses
bisnis untuk berbagai sektor industri (Bhasin, 2013).
Pada tahun 2004, bisnis jasa TI Satyam mencakup 13,120 orang teknisi yang melayani 300 pelanggan di
seluruh dunia. Pada saat itu, pasar jasa TI di seluruh dunia diestimasi sekitar $400 billion, dengan tingkat
pertumbuhan tahunan sekitar 6.4%. Untuk dapat bersaing secara kompetitif, baik dengan pesaing domestik
dan global, perusahaan melakukan berbagai strategi pertumbuhan (Bhasin, 2013).
Manipulasi Laporan Keuangan
Dalam laporan keuangannya, Satyam melaporkan kinerja yang sangat baik dalam semua parameter operasi
(dapat dilihat di Tabel 1).
Tabel 1. Kinerja Operasi Satyam (Rs. dalam juta)
Kinerja 2003-04 2004-05 2005-06 2006-07 2007-08 Average Growth Rate (%)
Penjualan Bersih 25,415,4 34,642,2 46,343,1 62,284,7 81,372,8 38
Laba Operasi 7,743 9,717 15,714,2 17,107,3 20,857,4 28
Laba Bersih 5,557,9 7,502,6 12,397,5 14,232,3 17,157,4 33
Arus Kas Operasi 4,165,5 6,386,6 7,868,1 10,390,6 13,708,7 35
ROCE (%) 27,95 29,85 31,34 31,18 29,57 30
ROE (%) 23,57 25,88 26,85 28,14 26,12 26
Sumber: www.geogit.com (Bhasin, 2013)
1 Penjelasan dalam kasus ini memberikan pengantar dan tinjauan terhadap kasus. Untuk dapat menjawab pertanyaan dalam kasus ini
peserta didik agar membaca referensi yang diberikan serta mencari dan membaca literatur lain yang relevan.
194 Ikatan Akuntan Indonesia