Page 47 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 47
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
BAB VII
STRATEGI UNTUK BERSAING DI PASAR INTERNASIONAL
7.1 Pendahuluan
Bab ini berfokus pada pilihan-pilihan strategi dalam upaya mengembangkan perusahaan keluar batas-
batas domestik menuju pasar-pasar luar negeri (pasar global). Pada kenyataannya perusahaan yang ingin
memimpin di pasar harus berpikir dalam konteks kepemimpinan industri skala global. Dengan semakin
terbukanya pasar-pasar domestik terhadap pasar global, tingkat persaingan menjadi frontal bagi perusahaan-
perusahaan lokal melawan perusahaan-perusahaan dari luar negeri.
Kemajuan teknologi informasi serta komunikasi nyaris meniadakan batas-batas wilayah geografis negara,
bahkan pasar global yang mulai terbentuk menawarkan berbagai peluang bagi perusahaan domestik untuk
berkembang keluar, namun pada saat yang bersamaan juga menghadirkan berbagai tantangan, ancaman
serta risiko-risiko lainnya.
Bab ini juga akan memperkenalkan kepada para peserta didik tentang konsep-konsep seperti strategi-strategi
multi-domestik, global serta transnasional. Melalui pemahaman akan berbagai pendekatan dan konsep tersebut,
DOKUMEN
pilihan-pilihan strategi dianalisis untuk kemudian dipilih sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan.
7.2 Tujuan Pembelajaran
IAI
Pada akhir pembelajaran modul Bab 7 ini, peserta didik diharapkan mampu:
1. Mengembangkan pemahaman akan alasan-alasan utama mengapa perusahaan memilih bersaing di
pasar internasional.
2. Memahami bagaimana dan mengapa memilah-milah kondisi pasar berdasarkan negara serta industri
yang berbeda membuat pengembangan strategi internasional menjadi upaya yang sangat kompleks.
3. Mempelajari opsi-opsi strategi yang paling utama untuk masuk dan bersaing di pasar internasional.
4. Memahami secara mendalam atas tiga pendekatan strategik utama untuk dapat bersaing secara
internasional.
5. Memahami bagaimana perusahaan transnasional membangun dan mengembangkan keunggulan
kompetitif di pasar luar negeri.
7.3 Mengapa Perusahaan Memutuskan Masuk ke Pasar Global
Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari alasan-alasan yang mendorong perusahaan-perusahaan
memutuskan masuk ke pasar global, misalnya seperti:
1. Untuk mendapatkan akses pada pelanggan baru
2. Untuk mencapai target biaya yang lebih rendah melalui skala ekonomi
3. Untuk mengeksploitasi lebih jauh kompetensi utamanya
4. Untuk mendapatkan akses pada sumber daya serta kemampuan yang tersedia di pasar luar negeri, dan
5. Untuk mengurangi risiko bisnis di pasar domestik dengan menyalurkannya ke pasar yang lebih besar.
38 Ikatan Akuntan Indonesia