Page 47 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 47

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                                                                                      BAB VII


            STRATEGI UNTUK BERSAING DI PASAR INTERNASIONAL




            7.1  Pendahuluan


            Bab ini berfokus pada pilihan-pilihan strategi dalam upaya mengembangkan perusahaan keluar batas-
            batas domestik menuju pasar-pasar luar negeri (pasar global). Pada kenyataannya perusahaan yang ingin
            memimpin di pasar harus berpikir dalam konteks kepemimpinan industri skala global. Dengan semakin
            terbukanya pasar-pasar domestik terhadap pasar global, tingkat persaingan menjadi frontal bagi perusahaan-
            perusahaan lokal melawan perusahaan-perusahaan dari luar negeri.

            Kemajuan teknologi informasi serta komunikasi nyaris meniadakan batas-batas wilayah geografis negara,
            bahkan pasar global yang mulai terbentuk menawarkan berbagai peluang bagi perusahaan domestik untuk
            berkembang keluar, namun pada saat yang bersamaan juga menghadirkan berbagai tantangan, ancaman
            serta risiko-risiko lainnya.

            Bab ini juga akan memperkenalkan kepada para peserta didik tentang konsep-konsep seperti strategi-strategi
            multi-domestik, global serta transnasional. Melalui pemahaman akan berbagai pendekatan dan konsep tersebut,
                               DOKUMEN
            pilihan-pilihan strategi dianalisis untuk kemudian dipilih sesuai dengan situasi dan kondisi perusahaan.




            7.2  Tujuan Pembelajaran
                                                     IAI

            Pada akhir pembelajaran modul Bab 7 ini, peserta didik diharapkan mampu:
            1.   Mengembangkan pemahaman akan alasan-alasan utama mengapa perusahaan memilih bersaing di
                 pasar internasional.
            2.   Memahami bagaimana dan mengapa memilah-milah kondisi pasar berdasarkan negara serta industri
                 yang berbeda membuat pengembangan strategi internasional menjadi upaya yang sangat kompleks.
            3.   Mempelajari opsi-opsi strategi yang paling utama untuk masuk dan bersaing di pasar internasional.
            4.   Memahami secara mendalam atas tiga pendekatan strategik utama untuk dapat bersaing secara
                 internasional.
            5.   Memahami bagaimana perusahaan transnasional membangun dan mengembangkan keunggulan
                 kompetitif di pasar luar negeri.





            7.3  Mengapa Perusahaan Memutuskan Masuk ke Pasar Global


            Pada bagian ini para peserta didik akan mempelajari alasan-alasan yang mendorong perusahaan-perusahaan
            memutuskan masuk ke pasar global, misalnya seperti:

            1.   Untuk mendapatkan akses pada pelanggan baru
            2.   Untuk mencapai target biaya yang lebih rendah melalui skala ekonomi
            3.   Untuk mengeksploitasi lebih jauh kompetensi utamanya
            4.   Untuk mendapatkan akses pada sumber daya serta kemampuan yang tersedia di pasar luar negeri, dan
            5.   Untuk mengurangi risiko bisnis di pasar domestik dengan menyalurkannya ke pasar yang lebih besar.





     38      Ikatan Akuntan Indonesia
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52