Page 48 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 48

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               7.4  Mengapa Bersaing Melintasi Batas Wilayah Negara Menyebabkan Pengembangan Strategi
                    menjadi Lebih Kompleks

               Mengembangkan strategi untuk bersaing di satu atau lebih pasar luar negeri jelas lebih kompleks dan rumit
               karena beberapa alasan seperti perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing industri, keunggulan
               basis lokasi yang, kebijakan pemerintah serta kondisi perekonomian, risiko perbedaan nilai tukar mata
               uang, dan yang tak kalah pentingnya adalah perbedaan budaya, demografi serta kondisi pasarnya.

               Pada bagian ini peserta didik akan mempelajari lima hal penting untuk menjawab mengapa berkompetisi di
               pasar global sungguh suatu upaya yang kompleks, seperti:

               1.   Variasi lintas negara atas faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing industri, termasuk di antara
                    pembahasan akan:
                    a.  Berkaitan dengan kondisi-kondisi permintaan
                    b.  Kondisi-kondisi faktor terkait
                    c.  Industri-industri terkait dan yang industri penyokong
                    d.  Strategi perusahaan, struktur serta persaingannya
               2.   Menentukan lokasi aktivitas mata rantai untuk keunggulan kompetitif.
               3.   Dampak kebijakan-kebijakan pemerintah serta kondisi perekonomian di negara lain dimana
                    perusahaan berinvestasi.
                               DOKUMEN
               4.   Risiko-risiko pergerakan nilai tukar yang memburuk.
               5.   Perbedaan-perbedaan lintas negara atas kondisi demografi, budaya dan pasar.





               7.5  Konsep-Konsep Persaingan Multi-Domestik dan Persaingan Global
                                                     IAI
               Dalam mempersiapkan pengembangan strategi untuk bersaing secara global, sangatlah penting bagi para
               manajer untuk memahami pola persaingan internasional yang berbeda dari satu industri ke industri yang lain.

               Pada bagian ini peserta didik akan diajak untuk memahami perbedaan signifikan dari dua konsep
               persaingan, yakni persaingan multi-domestik, dan persaingan global. Persaingan Multi-Domestik memiliki
               karakteristik seperti:

               1.   Pembeli di negara yang berbeda akan tertarik pada atribut produk yang berbeda pula.
               2.   Penjual berbeda dari satu negara dengan negara yang lain.
               3.   Kondisi industri serta kekuatan kompetitif berbeda-beda di tiap Negara.

               Sementara itu  Persaingan Global  dicirikan  dengan  harga-harga  serta kondisi-kondisi  persaingan  lintas
               negara yang saling terkait. Dengan demikian posisi daya saing suatu perusahaan  di satu negara akan
               mempengaruhi serta dipengaruhi oleh posisinya di negara lain.




               7.6  Pilihan-Pilihan Stratejik Untuk Memasuki Pasar Internasional


               Pada bagian ini para peserta didik akan dibawa pada pilihan-pilihan strategik bagaimana cara memasuki dan
               bersaing di pasar internasional. Pilihan mana yang pada akhirnya akan diambil tergantung pada beberapa
               faktor, termasuk di antaranya tujuan strategis perusahaan, apakah perusahaan tersebut memiliki sumber
               daya serta kemampuan yang cukup untuk beroperasi di luar negeri, hambatan perdagangan di negara yang






                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      39
   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52   53