Page 50 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 50
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
7.9 Kantung-Kantung Sumber Keuntungan dan Tindakan-Tindakan Strategik Lintas Negara
Pada bagian ini peserta didik akan diperkenalkan dengan istilah baru, yakni, Profit Sanctuary, atau
kantung-kantung sumber keuntungan. Profit Sanctuary adalah pasar dari sebuah negara atau lebih di mana
perusahaan dapat mengamankan suatu nilai keuntungan tertentu karena sifat pasar yang protektif atau
keunggulan kompetitif yang tak dapat disaingi oleh kompetitor lain. Salah satu negara yang bisa disebut
sebagai Profit Sanctuary adalah Jepang dengan tingkat proteksi pemerintah bagi industri lokalnya tergolong
sangat tinggi.
Pembahasan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai metoda atau pendekatan soal bagaimana Profit
Sanctaury dapat diterapkan, yakni:
1. Dengan menggunakan subsidi lintas pasar untuk menjalankan serangan strategik. Tujuannya adalah
mendorong serangan kompetitif di satu pasar dengan sumber daya dan profit yang dialihkan dari
pasar yang lain.
2. Dengan menggunakan taktik lintas negara untuk mempertahankan diri dari pesaing-pesaing
internasional yang memiliki lebih dari satu profit sanctuary di negara lain yang membuat para pesaing
tersebut juga memiliki keunggulan kompetitif.
DOKUMEN
7.10 Strategi Bersaing di Pasar Negara-Negara Berkembang
Dapat dipahami bahwa bersaing di pasar global memerlukan strategi dan pendekatan yang amat hati-
hati. Pada bagian ini peserta didik akan diajarkan pertimbangan-pertimbangan bagi perusahaan yang
IAI
ingin meluaskan bisnis di pasar global, salah satunya dengan mempertimbangkan pasar negara-negara
berpopulasi besar dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi seperti Cina, India, Brazil, Indonesia,
Rusia, Polandia, dan Mexico.
Di negara-negara tersebut dapat dikatakan bahwa risiko bisnis masih dapat diterima atau ditolerir, namun
karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta semakin banyaknya kelas menengahlah maka negara-
negara tersebut dianggap mampu memberi peluang yang sangat besar bagi kesuksesan bisnis perusahaan
transnasional.
Pada bagian ini akan dibahas pula pilihan-pilihan strategi untuk dapat bersaing di pasar-pasar negara
berkembang, seperti:
1. Mempersiapkan persaingan berbasis harga rendah,
2. Memodifikasi aspek-aspek bisnis model perusahaan atau strateginya untuk mengakomodir keadaan
lokal,
3. Berupaya merubah pasar lokal agar lebih sepadan serta sesuai dengan praktik-praktik bisnis serupa
di negara lain, dan
4. Menjauhi pasar-pasar negara berkembang yang dinilai tak praktis lagi secara ekonomis bila perusahaan
harus memodifikasi model bisnisnya hanya tuntuk mengakomodir keadaan lokal.
Ikatan Akuntan Indonesia 41