Page 50 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 50

MANAJEMEN
                                                                                     STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





               7.9  Kantung-Kantung Sumber Keuntungan dan Tindakan-Tindakan Strategik Lintas Negara

               Pada bagian ini peserta didik akan diperkenalkan dengan istilah baru, yakni,  Profit Sanctuary, atau
               kantung-kantung sumber keuntungan. Profit Sanctuary adalah pasar dari sebuah negara atau lebih di mana
               perusahaan dapat mengamankan suatu nilai keuntungan tertentu karena sifat pasar yang protektif atau
               keunggulan kompetitif yang tak dapat disaingi oleh kompetitor lain. Salah satu negara yang bisa disebut
               sebagai Profit Sanctuary adalah Jepang dengan tingkat proteksi pemerintah bagi industri lokalnya tergolong
               sangat tinggi.

               Pembahasan dilanjutkan dengan pembahasan mengenai metoda atau pendekatan soal bagaimana Profit
               Sanctaury dapat diterapkan, yakni:
               1.   Dengan menggunakan subsidi lintas pasar untuk menjalankan serangan strategik. Tujuannya adalah
                    mendorong serangan kompetitif di satu pasar dengan sumber daya dan profit yang dialihkan dari
                    pasar yang lain.
               2.   Dengan menggunakan taktik lintas negara untuk mempertahankan diri dari pesaing-pesaing
                    internasional yang memiliki lebih dari satu profit sanctuary di negara lain yang membuat para pesaing
                    tersebut juga memiliki keunggulan kompetitif.



                               DOKUMEN
               7.10  Strategi Bersaing di Pasar Negara-Negara Berkembang

               Dapat dipahami bahwa bersaing di pasar global memerlukan strategi dan pendekatan yang amat hati-
               hati. Pada bagian ini peserta didik akan diajarkan pertimbangan-pertimbangan bagi perusahaan yang
                                                     IAI
               ingin  meluaskan  bisnis  di  pasar  global,  salah  satunya  dengan  mempertimbangkan  pasar  negara-negara
               berpopulasi besar dengan pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi seperti Cina, India, Brazil, Indonesia,
               Rusia, Polandia, dan Mexico.

               Di negara-negara tersebut dapat dikatakan bahwa risiko bisnis masih dapat diterima atau ditolerir, namun
               karena pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta semakin banyaknya kelas menengahlah maka negara-
               negara tersebut dianggap mampu memberi peluang yang sangat besar bagi kesuksesan bisnis perusahaan
               transnasional.

               Pada bagian ini akan dibahas pula pilihan-pilihan strategi untuk dapat bersaing di pasar-pasar negara
               berkembang, seperti:
               1.   Mempersiapkan persaingan berbasis harga rendah,
               2.   Memodifikasi aspek-aspek bisnis model perusahaan atau strateginya untuk mengakomodir keadaan
                    lokal,
               3.   Berupaya merubah pasar lokal agar lebih sepadan serta sesuai  dengan praktik-praktik bisnis serupa
                    di negara lain, dan
               4.   Menjauhi pasar-pasar negara berkembang yang dinilai tak praktis lagi secara ekonomis bila perusahaan
                    harus memodifikasi model bisnisnya hanya tuntuk mengakomodir keadaan lokal.

















                                                                                    Ikatan Akuntan Indonesia      41
   45   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55