Page 51 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 51
MANAJEMEN
STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN
7.11 Bertahan terhadap Raksasa-Raksasa Global: Strategi bagi Perusahaan Lokal
Pada bagian ini para peserta didik diajak untuk berpikir dan menganalisis situasi serta strategi bagaimana
perusahaan-perusahaan lokal mencoba bertahan dan tetap bersaing melawan perusahaan-perusahaan
multinasional besar.
Perusahaan multinasional raksasa memiliki sumberdaya yang sangat besar untuk memburu pasar di
manapun di seluruh dunia, dan mereka selalu mencari peluang bahkan untuk masuk ke pasar negara-
negara berkembang yang bisa berpotensi ‘memakan’ perusahaan-perusahaan lokal.
Bagian ini mencoba menelaah perspektif perusahaan-perusahaan lokal dalam bertahan dan ‘melawan balik’
raksasa-raksasa global yang mencoba mengambil alih pasar mereka di dalam negeri. Sebuah studi yang
mendalam telah merangkum lima (5) strategi yang layak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan lokal
tersebut, yakni:
1. Menciptakan model bisnis yang mampu mengeksploitasi hambatan-hambatan di jaringan distribusi
lokal atau buruknya infrastruktur,
2. Perusahaan lokal lebih memahami apa yang konsumen lokal inginkan, apa yang menjadi preferensi
mereka, untuk menciptakan produk atau layanan yang dapat dikustomisasi,
3. Perusahaan lokal dapat mengambil keuntungan atas aspek-aspek pekerja lokal yang mana hal ini tak
DOKUMEN
dimiliki oleh perusahaan multinasional asing,
4. Menggunakan strategi akusisi dan pertumbuhan cepat untuk meningkatkan ketahanan terhadap
ekspansi perusahaan asing, dan
5. Mentransfer keahlian perusahaan ke pasar-pasar lintas negara serta memulai aktivitas-aktivitas untuk
menghadapi ekspansi multinasional asing pada level internasional.
IAI
42 Ikatan Akuntan Indonesia