Page 81 - Modul CA - Manajemen Stratejik dan Kepemimpinan (Plus Soal)
P. 81

MANAJEMEN
            STRATEJIK dAN KEPEMIMPINAN





                                                                                    BAB XIV


            PERUBAHAN STRATEGIK DAN ORGANISASI




            14.1 Pendahuluan


            Pada bab ini para peserta didik akan diajak  mempelajari faktor eksternal dan internal yang mendorong
            perubahan organisasi. Setiap organisasi memiliki karakteristik yang berbeda dan menghadapi dorongan
            untuk perubahan yang berbeda pula. Dorongan untuk perubahan organisasi dapat berasal dari luar dan
            dari dalam organisasi.





            14.2 Tujuan Pembelajaran


            Pada akhir pembelajaran modul Bab 14 ini, peserta didik diharapkan mampu:
            1.  Memahami faktor eksternal dan internal yang mendorong perubahan organisasi
                               DOKUMEN
            2.  Menjelaskan model perubahan organisasi
            3.  Memahami delapan langkah dalam memimpin perubahan organisasi yang dicetuskan oleh Kotter
            4.  Mendefinisikan pengembangan organisasi dan memahami prosesnya
            5.  Menjelaskan cara dinamis untuk mengatasi resistensi terhadap perubahan
            6.  Menjelaskan karakteristik kunci dari penerima dan agen perubahan yang berdampak terhadap
                                                     IAI
                keberhasilan ataupun resistensi terhadap suatu perubahan
            7.  Mengidentifikasi strategi alternatif untuk mengatasi resistensi terhadap perubahan
            8.  Mendefinisikan istilah tekanan/ stress dan menjelaskan model tekanan/stress dalam pekerjaan
            9.  Menjelaskan faktor-faktor yang memoderasi tekanan/ stress seperti dukungan sosial, daya tahan, dan
                perilaku tipe A
            10.  Memahami perlunya employee assistance programs-EAPs dan pendekatan terpadu untuk mengurangi
                tekanan/ stress





            14.3  Model Perubahan

            Bab ini akan dimulai dengan paparan kepada peserta didik mengenai perubahan organisasi. Perubahan pada
            dasarnya dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu: perubahan adaptif, perubahan inovatif, dan perubahan
            inovatif radikal. Perubahan adaptif menekankan perubahan sesuai dengan praktik yang umum digunakan
            sehingga perubahan ini dapat dikatakan terendah dari sudut kompleksitas, biaya, dan ketidakpastian.
            Perubahan adaptif bukan merupakan ancaman bagi karyawan karena karyawan merasa sebagai sesuatu
            yang wajar dan lazim.

            Perubahan inovatif merupakan perubahan yang sifatnya lebih kompleks, memerlukan biaya lebih besar,
            dan menyebabkan ketidakpastian yang lebih tinggi  dibandingkan perubahan adaptif. Ketidaklaziman dan
            ketidakpastian yang lebih tinggi menciptakan ketakutan akan perubahan pada diri karyawan. Perubahan
            inovatif yang radikal paling sulit diimplementasikan karena mengancam kepercayaan diri manajerial dan
            rasa aman karyawan. Sisi lainnya adalah, bahwa perubahan inovatif radikal memiliki potensi keuntungan
            terbesar dan harus didukung oleh budaya organisasi serta aset berwujud organisasi.





     72      Ikatan Akuntan Indonesia
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86