Page 157 - MODUL AKAD, TATA KELOLA DAN ETIKA SYARIAH
P. 157

berupa  reputasi  atau  nama  baik  yang  ber-syirkah.  Nama  baik  (citra  baik)  atau

                        reputasi dalam usaha muncul karena hubungan timbal balik antara unsur internal
                        yang bersangkutan (memiliki integritas yang tinggi dan kemampuan  bisnis yang

                        memadai)  dan  unsur  eksternal,  yaitu  terbentuknya  sikap  percaya  (amanah)  dari
                        pihak  lain  kepada  yang  bersangkutan,  terutama  bagi  pihak-pihak  yang  pernah

                        menerima manfaat dan maslahat dari perbuatan baik yang bersangkutan.


                        Reputasi bisnis ini, dalam praktik bisnis, terkadang membuat  yang besangkutan
                        dapat melakukan usaha tanpa harus menyediakan dana atau modal sendiri, tetapi

                        modal disediakan oleh pihak lain. Dengan kata lain, para pemilik barang (pemodal
                        atau shahib al mal) percaya kepada yang bersangkutan sehingga dipercaya berutang

                        (jual beli secara tangguh atau pembayaran tidak tunai).


                         Berikut adalah skema akad syirkah wujuh:




















                                             Gambar 7 Skema Akad Syirkah Wujuh

                                           Sumber : Mubarok dan Hasanudin (2017)





                        149 | A K A D ,   T A T A   K E L O L A   D A N   E T I K A   S Y A R I A H
   152   153   154   155   156   157   158   159   160   161   162