Page 184 - Modul CGAA Daerah
P. 184

pendapatan  pada  pemerintah  pusat,  Pemerintah  Provinsi  dan  Pemerintah

                  Kabupaten/Kota.

                  Penyusunan  dan  penyajian  LRA  didasarkan  pada  akuntansi  anggaran,  akuntansi

                  pendapatan-LRA,  akuntansi  belanja,  akuntansi  surplus/  defisit,  akuntansi  pembiayaan
                  dan  akuntansi  sisa  lebih/kurang  pembiayaan  anggaran  (SiLPA/SiKPA),  yang  mana

                  berdasar pada basis kas.




                  2.    Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih

                  Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih (LP-SAL) menyajikan pos-pos berikut, yaitu:
                  saldo anggaran lebih awal (saldo tahun sebelumnya), penggunaan saldo anggaran lebih,
                           WEB VERSION
                  Sisa  Lebih/Kurang  Pembiayaan  Anggaran  (SILPA/SIKPA)  tahun  berjalan,  koreksi
                                                  IAI
                  kesalahan pembukuan tahun sebelumnya, lain-lain dan Saldo anggaran lebih akhir untuk
                  periode  berjalan.  Pos-pos  tersebut  disajikan  secara  komparatif  dengan  periode

                  sebelumnya.

                  LP-SAL dimaksudkan untuk memberikan ringkasan atas pemanfaatan saldo anggaran

                  dan pembiayaan pemerintah, sehingga suatu entitas pelaporan harus menyajikan rincian
                  lebih lanjut dari unsur-unsur yang terdapat dalam LP-SAL dalam Catatan atas Laporan

                  Keuangan.   Struktur  LP-SAL  baik  pada  Pemerintah  Pusat,  Pemerintah  Provinsi  dan

                  Pemerintah Kabupaten/Kota tidak memiliki perbedaan.



                  3.    Laporan Operasional


                  Laporan  Operasional  (LO)  menyediakan  informasi  mengenai  seluruh  kegiatan
                  operasional keuangan entitas pelaporan yang tercerminkan dalam pendapatan-LO, beban,

                  dan  surplus/defisit  operasional  dari  suatu  entitas  pelaporan  yang  penyajiannya
                  disandingkan dengan periode sebelumnya.


                  Pengguna laporan membutuhkan Laporan Operasional dalam mengevaluasi pendapatan-
                  LO dan beban untuk menjalankan suatu unit atau seluruh entitas pemerintahan. Berkaitan

                  dengan  kebutuhan  pengguna  tersebut,  Laporan  Operasional  menyediakan  informasi
                  sebagai berikut:


                  1.    Mengenai   besarnya  beban  yang  harus  ditanggung  oleh  pemerintah  untuk
                        menjalankan pelayanan;




                                                   halaman 177 dari 196
   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188   189