Tentang Reviu Mutu

TENTANG REVIU MUTU

Reviu Mutu Kantor Jasa Akuntan

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia (PMK) No. 216/PMK.01/2017 tentang Akuntan Beregister, Akuntan Berpraktik (AB) adalah Akuntan Beregister yang telah mendapatkan izin dari Menteri untuk memberikan jasa akuntansi kepada publik melalui Kantor Jasa Akuntan (KJA). Anggota Utama IAI yang memiliki izin mendirikan KJA atau AB sebagai akuntan profesional memiliki tanggung jawab yang besar untuk menjaga kepercayaan dan kepentingan publik dengan bertanggungjawab atas mutu pemberian jasa yang diberikan sesuai dengan kode etik dan standar profesi jasa akuntan. Sehubungan hal tersebut, IAI perlu memastikan AB dan KJA selalu melaksanakan dan menaati Standar Profesi Jasa Akuntan (SPJA), Kode Etik Akuntan Indonesia (KEAI), serta kewajiban lain dalam melaksanakan aktivitas profesionalnya melalui Dewan Reviu Mutu Kantor Jasa Akuntan IAI (DRM KJA IAI) yang bersifat independen dalam pengambilan keputusan dan melaksanakan wewenang serta tanggung jawabnya. DRM KJA IAI adalah badan yang melakukan reviu mutu ketaatan anggota utama IAI yang memiliki izin mendirikan KJA dalam memberikan jasa berdasarkan KEAI dan SPJA. Hal ini tertuang dalam Anggaran Rumah Tangga IAI tahun 2018 pasal 18.
Dengan kapasitas tersebut, IAI telah menerbitkan Peraturan Organisasi (PO) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Dewan Reviu Mutu KJA pada tanggal 15 Januari 2021 dan Nomor 2 Tahun 2021 tentang Tata Cara Reviu Mutu Kantor Jasa Akuntan pada tanggal 22 Februari 2021. Persiapan pelaksanaan reviu mutu, DRM KJA IAI akan mengirimkan kuesioner kepada AB pemegang izin KJA. DRM KJA IAI juga melakukan koordinasi dengan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) Kementerian Keuangan dalam rangka pelaksanaan reviu mutu KJA. Lalu, pelaksanaan reviu mutu KJA dapat dilakukan melalui reviu langsung, reviu jarak jauh, atau penggabungan antara reviu langsung dan reviu jarak jauh sesuai dengan kebutuhan dan ketetapan DRM KJA IAI. Sedangkan, ruang lingkup reviu mutu KJA adalah reviu atas penerapan kebijakan dan prosedur yang sesuai dengan sistem pengendalian mutu KJA dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan/atau kualitas pelaksanaan perikatan kompilasi, prosedur yang disepakati atas informasi keuangan, atau jasa lainnya yang diberikan oleh AB melalui KJA.
Pelaksanaan Reviu Mutu KJA yang didasarkan pada PMK No. 216/PMK.01/2017, Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) IAI, dan PO No. 1 dan 2 tahun 2021 mewajibkan setiap AB untuk mengikuti kegiatan reviu mutu KJA yang dilaksanakan oleh DRM KJA dengan mengutamakan prinsip pembinaan dan perbaikan praktik KJA dan/atau AB. Reviu Mutu KJA diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap profesi akuntan dengan memastikan ketaatan AB terhadap KEAI, SPJA, dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam memberikan jasa profesionalnya. Dalam pelaksanaan reviu mutu KJA, DRM KJA dibantu oleh Pelaksana Reviu Mutu (PRM). PRM bertanggungjawab atas seluruh reviu yang dilakukan terhadap KJA hanya kepada DRM KJA.

No. Rekening Bank Keanggotaan IAI
Bank Mandiri

Atas nama : Ikatan Akuntan Indonesia
No. Rekening : 122-000-6659398

Bank BCA

Atas nama : Ikatan Akuntan Indonesia
No. Rekening : 539-5555-666