US-CGAA & CGAE

US-CGAA & US-CGAE

Reformasi pengelolaan keuangan negara ditandai dengan terbitnya paket tiga UU Bidang Keuangan Negara, dan sejak tahun 2008 pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja menggunakan accrual basis. Sejak 2013 IAI melalui Ujian Sertifikasi Ahli Akuntansi Pemerintahan (US-AAP) melakukan sertifikasi terhadap personel yang menyusun dan mereviu laporan keuangan pemerintah.

Adanya perubahan SAP, tantangan implementasi, serta perubahan kebutuhan personil, maka US-AAP dimutakhirkan dan dikembangkan menjadi Ujian Sertifikasi Certified Government Accounting Associate (US-CGAA) dan Ujian Sertifikasi Certified Government Accounting Expert (US-CGAE).

Jenis Sertifikasi

  1. CGAA-Pusat (Associate)
  2. CGAA-Daerah (Associate)
  3. CGAE (Expert)

UJIAN SERTIFIKASI "CERTIFIED GOVERNMENT ACCOUNTING ASSOCIATE" (US-CGAA)

US-CGAA merupakan tolak ukur untuk menilai kemampuan sesorang dalam penyusunan laporan pemerintah pusat atau daerah. US-CGAA dibagi menjadi :
  1. US-CGAA Pusat untuk penyusunan laporan keuangan pemerintah pusat, dan
  2. US-CGAA Daerah untuk penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah.

Kompetensi

US-CGAA Pusat US-CGAA Daerah
  1. Memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan negara yang meliputi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan
  2. Memiliki  kemampuan  menyusun  dan  menyajikan  laporan  keuangan  pemerintah pusat yang transparan dan akuntabel sesuai dengan SAP
  1. Memiliki pengetahuan mengenai pengelolaan keuangan negara yang meliputi perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan
  2. Memiliki  kemampuan  menyusun  dan  menyajikan  laporan  keuangan  pemerintah daerah yang transparan dan akuntabel sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan

UJIAN SERTIFIKASI "CERTIFIED GOVERMENT ACCOUNTING EXPERT" (US-CGAE)

US-CGAE merupakan tolak ukur seseorang dengan kemampuan akuntansi pemerintahan komprehensif yang meliputi kemampuan untuk menyusun, mereviu, menganalisa, dan menggunakan laporan pemerintah pusat dan daerah.


Kompetensi

  1. Memiliki kemampuan dan mereviu laporan keuangan pemerintah.
  2. Memiliki kemampuan menganalisis dan menggunakan informasi dari laporan keuangan pemerintah.
  3. Memiliki kemampuan mengevaluasi sistem pengendalian internal pemerintah.
  4. Memiliki pengetahuan mengenai sistem perencanaan dan penganggaran pemerintah.