Page 117 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
        P. 117
     C.   Ukuran Kinerja
                        Ukuran  kinerja  menjadi  pemegang  peran  penting  dalam  mencapai  tujuan  suatu
                        organisasi/perusahaan. Dengan adanya ukuran kinerja dapat memberikan feedback
                        atas mana cara/tindakan yang berhasil dan mana yang tidak serta dapat memotivasi
                        perusahaan untuk mempertahankan usahanya.
                        (1)  Syarat ukuran kinerja yang efektif
                             Satu atau lebih ukuran kinerja, atau indicator kinerja kunci (KPI), mungkin
                             digunakan  untuk  memonitor  kinerja  atas  setiap  pusat  pertanggungjawaban.
                             Ukuran kinerja yang efektif memiliki fitur sebagai berikut:
                             (a)  Harus dapat  mendorong tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
                                   dengan  memberikan  insentif  yang  mendorong  kinerja  pusat
                                   pertanggungjawaban searah dengan tujuan perusahaan keseluruhan.
                               DOKUMEN
                             (b)  Ukuran  harus  menggabungkan  hanya  faktor-faktor  yang  dapat
                                   dikendalikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban.
                             (c)  Harus  mendorong  tercapai  tujuan  jangka  panjang  dan  jangka
                                                     IAI
                                   pendek, dan tujuan yang dibatasi anggaran.
                        (2)  Potensi masalah yang timbul dari ukuran kinerja yang tidak tepat
                             (a)  Manajer mungkin memanipulasi informasi untuk memastikan bahwa
                                   KPI tercapai.
                             (b)  Ukuran kinerja mungkin akan  menyebabkan de-motivasi  dan stress
                                   yang terkait dengan konflik antara seorang manajer dengan manajer
                                   dibawahnya, atasannya, atau rekan manajer lainnya.
                             (c)  Ukuran kinerja mungkin dapat mendorong perhatian yang berlebihan
                                   atas  pengendalian  biaya  jangka  pendek,  yang  mengorbankan
                                   keuntungan jangka panjang.
                             (d)  Dapat  mendorong  ke  penilaian  suatu  pusat  pertanggungjawaban
                                   sebagai  suatu  unit  yang  terisolasi,  daripada  sebagai  suatu  bagian
                                   integral dari suatu organisasi.
                                                              112
     	
