Page 117 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 117
C. Ukuran Kinerja
Ukuran kinerja menjadi pemegang peran penting dalam mencapai tujuan suatu
organisasi/perusahaan. Dengan adanya ukuran kinerja dapat memberikan feedback
atas mana cara/tindakan yang berhasil dan mana yang tidak serta dapat memotivasi
perusahaan untuk mempertahankan usahanya.
(1) Syarat ukuran kinerja yang efektif
Satu atau lebih ukuran kinerja, atau indicator kinerja kunci (KPI), mungkin
digunakan untuk memonitor kinerja atas setiap pusat pertanggungjawaban.
Ukuran kinerja yang efektif memiliki fitur sebagai berikut:
(a) Harus dapat mendorong tercapainya tujuan yang telah ditetapkan
dengan memberikan insentif yang mendorong kinerja pusat
pertanggungjawaban searah dengan tujuan perusahaan keseluruhan.
DOKUMEN
(b) Ukuran harus menggabungkan hanya faktor-faktor yang dapat
dikendalikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban.
(c) Harus mendorong tercapai tujuan jangka panjang dan jangka
IAI
pendek, dan tujuan yang dibatasi anggaran.
(2) Potensi masalah yang timbul dari ukuran kinerja yang tidak tepat
(a) Manajer mungkin memanipulasi informasi untuk memastikan bahwa
KPI tercapai.
(b) Ukuran kinerja mungkin akan menyebabkan de-motivasi dan stress
yang terkait dengan konflik antara seorang manajer dengan manajer
dibawahnya, atasannya, atau rekan manajer lainnya.
(c) Ukuran kinerja mungkin dapat mendorong perhatian yang berlebihan
atas pengendalian biaya jangka pendek, yang mengorbankan
keuntungan jangka panjang.
(d) Dapat mendorong ke penilaian suatu pusat pertanggungjawaban
sebagai suatu unit yang terisolasi, daripada sebagai suatu bagian
integral dari suatu organisasi.
112