Page 125 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 125
Contoh:
Sebuah kegiatan di restoran dapat dibagi menjadi membeli bahan baku, memasak dan
menyajikannya kepada pelanggan. Tidak ada alasan di semua teori bahwa pelanggan
tidak dapat melakukan semua yang mereka inginkan di rumah. Pelanggan tidak hanya
siap untuk membayar orang lain untuk melakukan hal tersebut tetapi juga siap untuk
membayar lebih dari semua biaya sumber daya individu (makanan, gaji, dan sebagainya).
Nilai pokok dari sebuah bisnis yang tercipta adalah mengukur banyaknya pelanggan yang
rela untuk membayar produk atau jasa atas biaya yang dikenakan dari seluruh kegiatan
diatas. Sebuah bisnis menguntungkan jika nilai yang direalisasikan kepada pelanggan
melebihi seluruh biaya yang dikeluarkan dalam melakukan sebuah kegiatan.
DOKUMEN
IAI
Gambar 4.7 Rantai Nilai
Marjin adalah kelebihan yang disediakan pelanggan untuk dibayar melebihi biaya kepada
bisnis mendapatkan sumber daya.
119