Page 125 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 125

Contoh:
                     Sebuah kegiatan di restoran dapat dibagi menjadi membeli bahan baku, memasak dan

                     menyajikannya kepada pelanggan. Tidak ada alasan di semua teori bahwa pelanggan
                     tidak dapat melakukan semua yang mereka inginkan di rumah. Pelanggan tidak hanya

                     siap untuk membayar orang lain untuk melakukan hal tersebut tetapi juga siap untuk
                     membayar lebih dari semua biaya sumber daya individu (makanan, gaji, dan sebagainya).

                     Nilai pokok dari sebuah bisnis yang tercipta adalah mengukur banyaknya pelanggan yang

                     rela untuk membayar produk atau jasa atas biaya yang dikenakan dari seluruh kegiatan
                     diatas. Sebuah bisnis menguntungkan jika nilai yang direalisasikan kepada pelanggan

                     melebihi seluruh biaya yang dikeluarkan dalam melakukan sebuah kegiatan.







                               DOKUMEN






                                                     IAI

















                     Gambar 4.7 Rantai Nilai



                     Marjin adalah kelebihan yang disediakan pelanggan untuk dibayar melebihi biaya kepada
                     bisnis mendapatkan sumber daya.











                                                           119
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130