Page 126 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 126

Definisi

                     Rantai  nilai  adalah  rangkaian  kegiatan  bisnis  dalam  perspektif  pengguna  akhir,  nilai
                     ditambahkan  ke  produk  atau  layanan  yang  dihasilkan  oleh  suatu  entitas.  Porter

                     menggambarkan rantai kegiatan umum untuk semua bisnis, dan membangi kedalam:
                     (a)  Kegiatan utama (primary activities)

                           Adalah kegiatan utama yang berhubungan langsung dengan suatu produk, operasi,

                           penjualan, pemasaran, pengriman dan pemberian jasa. Kegiatan utama terdiri dari:
                            1)     Logistik kedalam           :   Semua proses yang terkait dengan menerima,

                                   (Inbound logistics)            menyimpan,  dan  mendistribusikan  input

                                                                  internal.
                            2)     Operasi (Operations)       :   Kegiatan  transformasi  yang  mengubah  input

                                                                  menjadi  output  yang  akan  dijual  kepada
                               DOKUMEN
                                                                  pelanggan

                            3)     Logistik keluar            :   Kegiatan ini memberikan produk atau layanan
                                                                  kepada pelanggan
                                   (Outbound logistics)
                                                     IAI
                            4)     Pemasaran dan Penjualan  :     Proses  yang  digunakan  untuk  membujuk

                                   (Marketing and Sales)          pelanggan untuk membeli produk yang dijual
                            5)     Jasa (Services)            :   Kegiatan      yang      berkaitan     dengan

                                                                  mempertahankan  nilai  dari  produk  atau  jasa
                                                                  kepada  layanan  kepada  pelanggan  setelah

                                                                  membeli produk



                     (b)  Kegiatan pendukung (support activities)

                           Kegiatan  ini  mendukung  fungsi  utama,  menyediakan  input  pembelian,  sumber
                           daya  manusia,  teknologi,  dan  fungsi  infrastruktur  untuk  mendukung  kegiatan

                           utama.
                            1)     Pembelian (Procurement)  :     Kegiatan  organisasi  untuk  mendapatkan

                                                                  sumber daya yang dibutuhkan untuk beroperasi











                                                           120
   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131