Page 144 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 144
Tujuan Strategis
Definisi
Tujuan strategis adalah tujuan strategis utama- dalam hal bisnis, untuk menghasilkan
keuntungan untuk pemegang saham ditambah tujuan utama lainnya yang ditujukan
kepada para pemangku kepentingan.
Contoh dari tujuan strategis adalah sebagai berikut:
“Tujuan utama perusahaan kami adalah untuk menyediakan investasi yang baik bagi
pemegang saham kami dengan meningkatkan nilai pemegang saham dan juga prospek
yang bermanfaat bagi karyawan perusahan kami. Tujuan kami adalah meningkatkan
tingkat kepuasan pelanggan, pertumbuhan yang nyata dalam pendapatan per saham dan
kompetitif dalam pengembalian modal yang digunakan.
DOKUMEN
Tujuan dan sasaran
Untuk bisnis secara keseluruhan dan untuk SBU di dalamnya, tujuan strategis harus
Tujuan IAI
diterjemahkan ke dalam tujuan terukur dan spesifik. Sehubungan dengan pernyataan
tujuan strategis di atas, untuk bisnis dapat dicontohkan seperti tabel dibawah ini:
Bidang Sasaran
Pendapatan Bertumbuh Rp3 miliar dari Rp2,5 miliar di tahun
ini
Marjin kotor Meningkat Biaya penjualan menunjukkan 65%
dari pendapatan, menurun dari 70%
Beban Berkurang Overhead dipotong menjadi
Rp300.000 dari Rp400.000
Laba per saham Bertumbuh Dari
Rp300.000/Rp1.200.000.000=0,00025
Menjadi
Rp660.000/Rp1.200.000.000=0,00055
Pengembalian modal yang Lebih kompetetif Dari
digunakan (return on capital Rp300.000/Rp6.000.000.000 = 5%
employed) Menjadi
138