Page 202 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 202

(g)  Penerapan sistem komunikasi dengan pelanggan

                           Penerapan  GCG  harus  menjamin  kepentingan  stakeholder  termasuk  pelanggan.
                           Untuk kepentingan komunikasi dengan pelanggan, praktek yang banyak dilakukan

                           adalah dengan membangun berbagai sarana yang memudahkan pelanggan untuk
                           berkomunikasi  langsung  dengan  perusahaan  termasuk  dalam  mengajukan

                           komplain. Misalnya, melalui hotline, email, SMS atau melalui pos dan kotak saran.
                           Beberapa  perusahaan  juga  mengagendakan  program  customer  gathering.  Tentu

                           perusahaan tidak hanya berkewajiban menerima pengaduan dari pelanggan, tetapi

                           yang  lebih  penting  adalah  menjamin  bahwa  setiap  pengaduan  dapat  direspon
                           dengan  cepat  dan  dapat  diselesaikan.  Selain  berkomunikasi  dengan  pelanggan,

                           beberapa perusahaan juga secara rutin mengukur kepuasan pelanggan dan menilai

                           kinerja  pelayanannya  terhadap  pelanggan  melalui  kegiatan  Survey  Kepuasan
                           Pelanggan. Tujuan utamanya adalah memastikan bahwa pelayanan yang diberikan

                           sudah sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dan selaras dengan kebutuhan
                               DOKUMEN
                           pelanggan.

                     (h)  Peraturan dan kode etik
                           Untuk mencegah terjadinya benturan kepentingan,  best  practices  yang  banyak
                                                     IAI
                           dikembangkan oleh perusahaan yang sudah menerapkan GCG adalah pembuatan

                           aturan dan kode etik yang mencegah terjadinya benturan kepentingan, misalnya
                           larangan kepada karyawan untuk melakukan penyuapan atau memberikan sesuatu

                           kepada pihak lain yang dapat menimbulkan prasangka negatif dan mencemarkan
                           nama baik perusahaan.

                     (i)   Penerapan program whistle blower


               (6)  Pengaruh Jenis Sistem Keuangan Terhadap Tata Kelola (CG)

                     Sistem Moneter dan Perbankan
                     Termasuk  dalam  sistem  moneter  adalah  bank-bank  atau  lembaga-lembaga  yang  ikut

                     menciptakan uang giral. Di Indonesia yang termasuk kedalam sistem moneter adalah

                     otoritas moneter dan bank-bank pencipta uang giral. Oleh karena itu, sistem perbankan
                     merupakan bagian integral dari suatu sistem moneter. Otoritas moneter sebagai lembaga

                     yang  berwenang  dalam  pengambilan  kebijakan  dibidang  moneter,  juga  merupakan
                     sumber uang primer, baik bagi perbankan, masyarakat maupun pemerintah.






                                                           196
   197   198   199   200   201   202   203   204   205   206   207