Page 200 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 200
(d) Kurang Keadilan
Perusahaan yang tidak adil bagi pelanggan mereka, baik untuk alasan etika dan
hubungan publik. Memperlakukan pelanggan secara tidak adil, apapun keuntungan
jangka pendeknya, selalu merugikan prospek jangka panjang perusahaan.
(e) Tidak Transparan
Para manajer terkadang menyimpan nasihat mereka sendiri, membatasi informasi
yang menyaring karyawan sehingga transparansi perusahaan tidak membantu
menyatukan organisasi.
(f) Tidak bertanggung jawab secara sosial
Tanggung jawab sosial di tingkat korporat semakin menjadi topik perhatian.
Konsumen mengharapkan perusahaan untuk menjadi anggota masyarakat yang
baik, misalnya, dengan memulai upaya daur ulang dan mengurangi limbah dan
polusi. Tata kelola perusahaan yang buruk tidak mengidentifikasi cara-cara untuk
meningkatkan praktik perusahaan dan juga tidak mempromosikan kebaikan sosial
DOKUMEN
dengan menginvestasikan kembali dalam masyarakat setempat.
(g) Tidak mengevaluasi diri
Tidak melakukan evaluasi diri secara teratur untuk mengidentifikasi dan
mengurangi masalah.
(5) Best Practices GCG yang Baik. IAI
(a) Self Assesment terhadap Penerapan GCG di Perusahaan
Self assesment dilakukan untuk mengetahui kondisi dan tingkat penerapan dari
prinsip-prinsip GCG. Umumnya perusahaan melakukan ketika akan menerapkan
GCG. Kemudian perusahaan menyusun pedoman dan mengambil berbagai
kebijakan untuk menerapkan GCG.
Perusahaan dapat melakukan self assesment secara periodik. Tujuannya adalah
untuk mengetahui apakah proses penerapan GCG ini sudah sejalan atau belum.
Selain itu, untuk mendeteksi secara dini potensi risiko yang melekat dalam
operasional perusahaan. Dengan demikian perusahaan dapat mengambil langkah-
langkah antisipatif untuk meminimalkan terjadinya risiko tersebut.
(b) Internalisasi nilai-nilai dan etika perusahaan
Untuk menjamin agar nilai-nilai dan etika perusahaan menjelma menjadi budaya
kerja perusahaan. Sebagian perusahaan melakukan proses internalisasi nilai dan
etika ini sejak karyawan diterima kerja di perusahaan. Bentuk kegiatannya adalah
dengan memasukkan materi-materi ini dalam program orientasi karyawan baru.
194