Page 199 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 199

langsung dengan transaksi bisnis tersebut. Dampak eksternalitas perusahaan

                           berhubungan  dengan  gangguan  keamanan,  penyedotan    sumber    daya  alam,
                           pengotoran lingkungan, penyuburan disparitas  ekonomi,  benturan  budaya,  dan

                           perubahan  sosial  ekonomi masyarakat  sekitar.  Sehubungan  dengan  hal tersebut
                           maka   perlu ditetapkan  prosedur baku  untuk  membatasi dampak eksternalitas

                           negatif  yang  akan  ditanggung  masyarakat,    misalnya    dengan    menciptakan
                           program  sosial,  perbaikan lingkungan,  dan  tanggung  jawab  pembinaan  budaya

                           dan ekonomi masyarakat  sekitar.


               (4)  Tata Kelola Perusahaan (GCG) yang Buruk

                     Tata  kelola  perusahaan  yang  buruk  yaitu  tata  kelola  perusahaan  yang  tidak

                     menggabungkan kombinasi antara hukum, aturan-aturan, dan praktik-praktik sukarela
                     sektor swasta yang menyebabkan perusahaan dapat menarik modal, berkinerja efisien,

                     menghasilkan laba, memenuhi kewajiban legal, dan tidak memenuhi ekspektasi sosial
                               DOKUMEN
                     umum.

                     (a)  Strategi yang Kurang Jelas
                           Tata kelola perusahaan yang buruk akan dimulai dengan strategi yang kurang jelas
                                                     IAI
                           atas organisasinya. Misalnya, tim manajemen perusahaan furnitur mungkin kurang

                           meneliti pasar untuk mengidentifikasi ceruk yang menguntungkan, tidak membuat
                           lini  produk  untuk  memenuhi  kebutuhan  target  pasar  dan  kemudian  tidak

                           mengiklankan  barang  dagangannya  dengan  kampanye  pemasaran  yang
                           menjangkau  konsumen  tersebut  secara  langsung.  Pada  setiap  tahap,  tidak

                           mengetahui  strategi  keseluruhan  dalam  membantu  karyawan  perusahaan  untuk
                           tetap fokus pada misi organisasi yaitu memenuhi kebutuhan konsumen di pasar

                           sasaran.

                     (b)  Manajemen Risiko yang tidak Efektif
                           Contoh, manajemen perusahaan tidak memutuskan untuk melakukan diversifikasi

                           operasi sehingga bisnis tidak dapat mengandalkan pendapatan dari beberapa pasar

                           yang berbeda, dan hanya bergantung pada satu saja.
                     (c)  Tidak Disiplin

                           Tata kelola perusahaan yang buruk tidak memiliki disiplin dan komitmen untuk
                           menerapkan kebijakan, resolusi, dan strategi.





                                                           193
   194   195   196   197   198   199   200   201   202   203   204