Page 33 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 33
karyawan di seluruh organisasi, dan memberikan semangat untuk
memperlihatkan kinerja tertinggi kepada karyawan.
(e) Pengendalian (controlling)
Memonitor aktivitas karyawan, menentukan apakah organisasi sejalan
dengan tujuannya dan membuat koreksi jika diperlukan.
(9) Peran Manajer
Menurut ahli manajemen, Mintzberg, suatu peran (role) adalah sejumlah
ekspetasi terhadap perilaku manajer.
Ketiga peran tersebut adalah:
DOKUMEN
(a) Peran informasi
Merupakan berbagai aktivitas yang dilakukan untuk merawat dan
membangun jaringan informasi.
IAI
(b) Peran interpersonal
Berkenaan dengan hubungan dengan orang lain atau berkaitan dengan
ketrampilan interpersonal.
(c) Peran keputusan
Berkenaan dengan berbagai peristiwa yang didalamnya manajer harus
menentukan sikap dan mengambil tindakan. Peran ini banyak
membutuhkan keterampilan konseptual dan interpersonal.
Antara lain:
(a) Peran penanganan gangguan, yaitu memecahkan konflik antar bawahan
atau antara departemen yang satu dengan yang lain.
(b) Peran pengalokasian sumber daya, berhubungan dengan keputusan
mengenai bagaimana mengalokasi orang, waktu, peralatan, uang dan
sumber daya lain untuk mencapai hasil yang diharapkan.
(c) Peran negosiator, mencakup negosiasi dan tawar-menawar formal guna
mendapatkan hasil yang diharapkan.
27