Page 37 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 37

(i)   Organisasi  yang  didasarkan  pada  otoritas  rasional  akan  lebih

                                         efisien  dan  cepat  beradaptasi  dengan  perubahan  karena
                                         kontinuitas  lebih  ditentukan  oleh  struktur  formal  dan  posisi

                                         daripada oleh sesorang yang bisa pergi atau meninggal.
                                   (ii)  Seleksi dan dan promosi karyawan harus berdasarkan kompetensi

                                         dan kualifikasi teknis.

                                   (iii)  Aturan  dan  prosedur  bersifat  impersonal  dan  berlaku  seragam
                                         bagi karyawan.

                                   (iv)  Posisi diorganisasikan dalam sebuah hierarki, dengan satu posisi

                                         berada di bawh posisi lain yang lebih tinggi.
                                   (v)  Manajer bergantung bukan kepada kepribadiannya agar berhasil

                                         memberikan  perintah,  namun  kepada  kekuasaan  resmi  yang
                               DOKUMEN
                                         dimungkinkan oleh posisi manajerial.


                             (d)  Fungsi Bisnis
                                                     IAI
                                   Fungsi  yang  diperlukan  untuk  menjalankan  bisnis  bergantung  pada

                                   beberapa  variabel,  seperti  keadaan  industri,  keadaan  geografis,  dan
                                   bagaimana  perencanaan  bisnis  itu  sendiri  untuk  masa  depan.  Secara

                                   mendasar fungsi bisnis dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
                                   (i)   Pemasaran.

                                   (ii)  Operasi/produksi.
                                   (iii)  Sumber daya manusia.

                                   (iv)  Keuangan.


                             (e)  Manajemen pemasaran

                                   (i)   Apa itu pemasaran

                                         Definisi
                                         Pemasaran  adalah  serangkaian  kegiatan  penerapan  dan  proses

                                         penciptaan,  pengkomunikasian,  penghantaran,  dan  pertukaran
                                         yang  memberikan  nilai  bagi  pelanggan,  klien,  mitra  dan

                                         masyarakat secara luas.



                                                              31
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42