Page 37 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 37
(i) Organisasi yang didasarkan pada otoritas rasional akan lebih
efisien dan cepat beradaptasi dengan perubahan karena
kontinuitas lebih ditentukan oleh struktur formal dan posisi
daripada oleh sesorang yang bisa pergi atau meninggal.
(ii) Seleksi dan dan promosi karyawan harus berdasarkan kompetensi
dan kualifikasi teknis.
(iii) Aturan dan prosedur bersifat impersonal dan berlaku seragam
bagi karyawan.
(iv) Posisi diorganisasikan dalam sebuah hierarki, dengan satu posisi
berada di bawh posisi lain yang lebih tinggi.
(v) Manajer bergantung bukan kepada kepribadiannya agar berhasil
memberikan perintah, namun kepada kekuasaan resmi yang
DOKUMEN
dimungkinkan oleh posisi manajerial.
(d) Fungsi Bisnis
IAI
Fungsi yang diperlukan untuk menjalankan bisnis bergantung pada
beberapa variabel, seperti keadaan industri, keadaan geografis, dan
bagaimana perencanaan bisnis itu sendiri untuk masa depan. Secara
mendasar fungsi bisnis dapat diidentifikasikan sebagai berikut:
(i) Pemasaran.
(ii) Operasi/produksi.
(iii) Sumber daya manusia.
(iv) Keuangan.
(e) Manajemen pemasaran
(i) Apa itu pemasaran
Definisi
Pemasaran adalah serangkaian kegiatan penerapan dan proses
penciptaan, pengkomunikasian, penghantaran, dan pertukaran
yang memberikan nilai bagi pelanggan, klien, mitra dan
masyarakat secara luas.
31