Page 38 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 38

Manajemen      pemasaran    adalah    analisis,   perencanaan,
                                         implementasi dan pengendalian program  yang dirancang untuk

                                         menciptakan, membangun, dan mempertahakan pertukaran yang
                                         menguntungkan dengan  target  pembeli  demi mencapai  sasaran

                                         organisasi.


                                         Selanjutnya kita harus mengetahui perbedaan antara:

                                             Pelanggan (customer), orang yang membeli dan membayar

                                              untuk barang dan jasa; serta
                                             Konsumen (consumer), orang yang merupakan pengguna

                                              akhir dari barang dan jasa.
                               DOKUMEN


                                   (ii)  Pasar konsumen dan pasar industri
                                         Pasar konsumen adalah semua individu dan rumah tangga yang

                                         membeli atau memperoleh barang jasa untuk konsumsi pribadi.

                                                     IAI
                                         Produk  ini  merupakan  produk  barang  konsumsi  (consumer

                                         goods)  yang  merupakan  barang  berwujud  yang  dibeli  untuk
                                         kebutuhan  pribadi.  Perusahaan  yang  menjual  barang  kepada

                                         konsumen  untuk  penggunaan  pribadi  yang  terlibat  dalam
                                         pemasaran  konsumen  atau  dikenal  dengan  pemasaran  bisnis

                                         kepada konsumen (business to consumer) – B2C.


                                         Pasar industri adalah semua organisasi yang membeli barang dan

                                         jasa  untuk  dipergunakan  dalam  memproduksi  produk  dan  jasa

                                         lain  atau  dengan  tujuan  untuk  dijual  kembali  atau  disewakan
                                         kepada pihak lain dengan mengambil untung.


                                         Barang  ini  disebut  dengan  barang  industri  yang  merupakan

                                         produk  fisik  yang  dibeli  oleh  perusahaan  untuk  menghasilkan



                                                              32
   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43