Page 35 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 35
(d) Human relation culture
Bisnis tersebut terlihat ke dalam, yang bertujuan untuk
mempertahankan keberadaannya dan kesejahteraan staf. Staf
termotivasi oleh rasa memiliki. Contoh: mendukung unit layanan.
(11) Model manajemen
(a) Apa itu model manajemen
Model digunakan dalam teori manajemen untuk mewakili realitas yang
kompleks, seperti bisnis klien, yang kemudian dianalisis dan dibagi
menjadi bagian-bagian penyusunnya. Charles Handy menunjukkan
bahwa model manajemen:
(i) Membantu menjelaskan masa lalu yang berubah.
DOKUMEN
(ii) Membantu memahami kondisi saat ini, dan memprediksi masa
depan.
(iii) Memprediksi pengaruh yang lebih besar atas peristiwa masa
IAI
depan; dan
(iv) Memprediksi gangguan yang tak terduga.
Berbagai persoalan baru serta perkembangan organisasi besar dan
kompleks menuntut suatu pendekatan dalam mengkoordinasikan dan
mengontrol ekonomi baru. Atas dasar itu para ahli mulai
mengembangkan dan menguji berbagai solusi akibat makin banyaknya
tantangan dalam mengorganisasikan, mengoordinasikan dan
mengendalikan sejumlah banyak orang untuk meningkatkan
produktivitas pekerja. Perkembangan manajemen dimulai oleh
persepektif klasik yang terkenal dengan manajemen ilmiah dan
organisasi birokratis.
(b) Model manajemen dengan tujuan rasional
Model ini dikenal dengan manajemen ilmiah yang dikemukakan oleh
Frederick W. Taylor yang menekankan pekerjaan dan praktik
29