Page 39 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 39

produk lain. Perusahaan yang menjual barang kepada perusahaan

                                         lain  terlibat  dalam  pemasaran  indutri,  disebut  juga  dengan
                                         pemasaran bisnis ke bisnis (business to business) – B2B.



                                   (iii)  Bauran pemasaran dan segmentasi
                                         Definisi

                                         Bauran  pemasaran  adalah  kombinasi  dari  strategi  produk,
                                         penetapan  harga,  promosi,  dan  tempat  (distribusi)  yang

                                         digunakan untuk memasarkan produk.


                                         Strategi pemasaran untuk produk dikenal umum dengan istilah

                                         “4P”:
                               DOKUMEN
                                         
                                              Produk
                                              Merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan ke pasar
                                              untuk  mendapatkan  perhatian,  dibeli,  dipergunakan,  atau
                                                     IAI
                                              dikonsumsi  dan  dapat  memuaskan  kebutuhan  dan

                                              keinginan pelanggan.
                                             Penetapan harga

                                              Proses penetapan harga terbaik dalam rangka menjual suatu
                                              produk.

                                             Tempat/place
                                              Distribusi merupakan bagian dari bauran pemasaran yang

                                              mempertimbangkan  cara  menghantarkan  produk  dari

                                              produsen kepada konsumen.
                                             Promosi

                                              Serangkaian  teknik  untuk  mengkomunikasikan  informasi

                                              mengenai  produk.  Sarana  promosi  antara  lain:  iklan,
                                              penjualan  personal,  promosi  penjualan,  publikasi  dan

                                              pemasaran langsung.







                                                              33
   34   35   36   37   38   39   40   41   42   43   44