Page 197 - Modul CA - Etika Profesi dan Tata Kelola Korporat (Plus Soal)
P. 197
ETIKA PROFESI
DAN TATA KElOlA
KORPORAT
Hasil lain dari penilaian oleh IICD-ASEAN CG Scorecard (2012-2013) menunjukkan rerata skor penerapan
prinsip OECD ke-4 pada perusahaan Indonesia adalah 52,2 pada tahun 2012 dan 58,5 pada tahun 2013.
Dibandingkan prinsip lain, dispersi skor penerapan prinsip ke-4 ini juga sangat lebar. Hal ini menunjukkan
bahwa beberapa perusahaan secara ekstensif mengungkapkan kebijakan dan program terkait pemangku
kepentingannya, sedangkan beberapa perusahaan lainnya justru sangat sedikit mengungkapkan informasi
yang sama dalam laporan tahunan atau website perusahaannya. Temuan ini merupakan catatan penting bagi
regulator, mengingat UU PT dan peraturan OJK mewajibkan perusahaan untuk mengungkapkan tanggung
jawab sosial perusahaan dalam laporan tahunannya.
IICD-ASEAN CG Scorecard mengidentifikasi beberapa praktik tanggung jawab sosial perusahaan yang
lazim dilakukan oleh perusahaan-perusahaan go public di Indonesia, yaitu:
1. Kebijakan dan aktivitas terkait interaksi dengan komunitas;
2. Kebijakan terkait kesehatan, keamanan, dan kemakmuran karyawan;
3. Kebijakan terkait program pelatihan dan pengembangan karyawan; dan
4. Pengungkapan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan sebagai salah satu bagian dalam laporan
tahunan perusahaan.
IICD-ASEAN CG Scorecard juga mengidentifikasi beberapa tanggung jawab sosial perusahaan yang belum
banyak dilakukan perusahaan-perusahaan go public di Indonesia, yaitu:
1. Kebijakan dan aktivitas dalam proses seleksi pemasok;
DOKUMEN
2. Kebijakan dan aktivitas anti korupsi; dan
3. Mekanisme whistle-blowing.
ASEAN CG Scorecard
IAI
Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan penilaian praktik CG untuk prinsip peran
pemangku kepentingan di perusahaan terbuka dengan menggunakan ASEAN CG Scorecard:
Tabel 14.2
ASEAN CG Scorecard: Peran Pemangku Kepentingan
No. Item Penilaian Kriteria Penilaian
1 Pengakuan dan Penghormatan terhadap Kepentingan Para Pemangku Kepentingan
Apakah perusahaan mengungkapkan kebijakan yang:
Menjelaskan keberadaan dan ruang lingkup upaya perusahaan untuk menangani aspek Ya: 1
1.1
kesehatan dan keselamatan pelanggan Tidak: 0
Ya: 1
1.2 Menjelaskan praktik seleksi pemasok?
Tidak: 0
Menjelaskan upaya perusahaan untuk menjamin bahwa proses bisnis perusahaan bersifat Ya: 1
1.3
ramah lingkungan atau konsisten dengan upaya pembangunan berkelanjutan? Tidak: 0
Menjelaskan upaya perusahaan dalam membangun interaksi dengan komunitas di sekitar Ya: 1
1.4
perusahaan beroperasi? Tidak: 0
Ya: 1
1.5 Mengatur tentang program dan prosedur anti-korupsi yang dimiliki perusahaan?
Tidak: 0
Ya: 1
1.6 Menjelaskan perlindungan terhadap hak-hak kreditur?
Tidak: 0
Apakah perusahaan mengungkapan aktivitas yang telah dilakukan dalam rangka
mengimplementasikan kebijakan di atas?
Berlanjut...
188 Ikatan Akuntan Indonesia