Page 366 - MODUL CA - Pelaporan Korporat 2021
P. 366

MODUL CA
                                                                                      PELAPORAN KORPORAT


                                                Gambar 14.1: Manfaat dari Sustainability Reporting





























                                Sumber: DUPress.com


                                Berdasarkan gambar di atas dapat kita lihat bahwa terdapat tiga aspek yang merasakan manfaat
                                dari SR yaitu: 1) aspek ekonomi, 2) aspek sosial, dan  3) aspek lingkungan. Pada aspek ekomomi
                                terdapat tiga manfaat yang diperoleh yaitu: mengurangi biaya life cycle, meminimalisir risiko
                                bisnis, serta keunggulan dalam sewa, hunian,  dan penilaian (superior rent, occupancy and
                                valuation). Pada aspek sosial terdapat tiga manfaat yang diperoleh yaitu meningkatnya citra
                                entitas, transparansi, dan kolaborasi/hubungan dengan pemangku kepentingan. Pada aspek
                                lingkungan juga terdapat tiga manfaat yang diperoleh yaitu: mengurangi penggunaan energi
                                air dan emisi gas, mengurangi risiko lingkungan dan penggunaan yang lebih tinggi terhadap
                                sumber energi terbarukan.


                         14.1.4  Langkah-Langkah Penyusunan Laporan Keberlanjutan
                                Global Reporting Intiative (GRI) menganjurkan lima langkah dalam proses penyusunan SR
                                yaitu (https://www.globalreporting.org/reporting/getstarted/ pages/default.aspx):
                                1.   Prepare
                                    Pada tahap ini manajemen mempersiapkan dan melakukan perencanaan tentang
                                    penentuan  informasi  yang  sebaiknya  dilaporkan dalam  SR  entitas  dan  dampaknya
                                    terhadap entitas. Pada tahap ini juga dipikirkan langkah-langkah yang akan dilaksanakan
                                    selanjutnya untuk menjalankan program pembangunan berkelanjutan. Pada tahap ini
                                    entitas membuat action plan dan jika semuanya sudah didiskusikan maka entitas dapat
                                    membuat “Kick Off Meeting”.
                                2.   Connect
                                    Pada  tahap  ini  manajemen  entitas  mengidentifikasikan  pemangku  kepentingan  utama
                                    atau  key stakeholder. Sangat penting untuk mengetahui kegiatan yang perlu dilakukan
                                    entitas untuk membuat bisnis dan lingkungan berkelanjutan dan informasi yang perlu
                                    dilaporkan. Pada tahapan ini entitas berdiskusi dengan para pemangku kepentingan
                                    untuk mengidentifikasi informasi yang penting bagi pemangku kepentingan.












                                                       BAB 14 PELAPORAN BERKELANJUTAN DAN PELAPORAN TERINTEGRASI      357



                                                                                                                   05/07/21   11.42
       MODUL CA - Pelaporan Korporat - Aja.indd   357                                                              05/07/21   11.42
       MODUL CA - Pelaporan Korporat - Aja.indd   357
   361   362   363   364   365   366   367   368   369   370   371