Page 61 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 61
SiStem informaSi
dan Pengendalian internal
BAB VI
SISTEM INFORMASI DAN PENGENDALIAN
INTERNAL (BAGIAN 2)
6.1 Konsep Dasar Pengendalian Sistem Informasi
Saat ini, hampir seluruh organisasi mengandalkan teknologi informasi (TI). Manajemen ingin memastikan
bahwa informasi yang dihasilkan oleh sistem akuntansinya andal. Manajemen juga mengetahui investasinya
dalam TI merupakan informasi yang cost-effective. Oleh karena itu sangat penting untuk memastikan
adanya pengendalian yang memadai terhadap sumber-sumber daya TI untuk memastikan informasi yang
diberikan memenuhi tujuh kriteria utama dalam kerangka pengendalian COBIT:
1. Efektivitas – informasi harus relevan dan tepat waktu
2. Efisiensi – informasi harus dihasilkan dengan cara yang paling hemat biaya
3. Kerahaasiaan – informasi sensitif harus dilindungi dari pengungkapan informasi yang tidak sah
4. Integritas – informasi harus akurat, lengkap dan valid
5. Ketersediaan – informasi harus tersedia kapanpun diperlukan
DOKUMEN
6. Kepatuhan – pengendalian harus memastikan kepatuhan dengan kebijakan internal dan dengan
ketentuan hokum dan perundang-undangan
7. Keandalan – manajemen harus memiliki akses ke dalam informasi yang diperlukan untuk melakukan
aktivitas sehari-hari untuk menjalankan amanahnya dan untuk menjalankan tanggungjawab tata
kelola.
empat kelompok aktivitas manajemen berikut:IAI
Berdasarkan kerangka pengendalian COBIT, proses IT umum yang harus dikelola dan dikendalikan dengan
baik dalam rangka menghasilkan informasi yang memenuhi tujuh kriteria diatas dikelompokkan ke dalam
1. Perencanaan dan organisasi (plan and organize).
Terdapat sepuluh proses penting untuk merencanakan dan mengelola sistem informasi organisasi, yakni:
a. Mendefinisikan perencanaan strategis TI
b. Mendefinisikan arsitektur informasi
c. Menentukan arahan terkait teknologi
d. Mendefinisikan proses, organisasi dan hubungan TI
e. Mengelola investasi TI
f. Mengkomunikasikan sasaran dan arahan manajemen
g. Mengelola sumber daya manusia TI
h. Mengelola kualitas
i. Menilai dan mengelola risiko TI
2. Perolehan dan implementasi (acquire and implement).
Terdapat tujuh proses penting untuk mendapatkan dan menerapkan solusi teknologi:
a. Mengidentifikasi solusi-solusi otomisasi
b. Perolehan dan pemeliharaan piranti lunak aplikasi
c. Perolehan dan pemeliharaan infrastruktur teknologi
d. Operasi dan penggunaan
e. Perolehan sumber daya TI
f. Mengelola perubahan
g. Memasang dan mengakreditasi solusi dan perubahan
52 Ikatan Akuntan Indonesia