Page 116 - Modul Pengantar Fikih Muamalah
P. 116
(5) KHIYAR AKAD
Khiyar dalam Akad Khiyar adalah hak yang dimiliki oleh orang – orang yang
berakad (‘Aqidain) untuk memilih antara meneruskan atau atau membatalkan
(Mas’adi, 2002). Menurut Wahbah al-Zuhaili, terdapat 6 macam khiyar:
1. Khiyar Majlis, yaitu hak ‘Aqidain untuk memilih untuk meneruskan atau
mengakhiri akad sepanjang keduannya belum berpisah. Namun Khiyar ini
hanya berlaku pada akad jual beli dan sewa Ijarah. Tetapi Fuqaha Hanafiyah
dan Malikiyah menyangkal Khiyar jenis ini. Karena akad yang telah
sempurna dan bersifat Lazim (pasti) didasarkan pada keridhaan kedua belah
pihak yang sudah melakukan Ijab Qabul.
2. Khiyar Ta’yin, yaitu hak yang pembeli untuk memastikan benda yang sejenis
dan sama harganya seperti jual-beli, hal ini merupakan konsep Fuqaha
Hanafi. Sedangkan Imam Syafi’i dan Ahmad ibn Hambal tidak sependapat
dengan konsep tersebut dengan alasan salah satu syarat objek akad harus
jelas, akan tetapi menurut fuqaha Mazhab Hanafiyah keabsahan Khiyar
Ta’yin harus mencakup tiga syarat. Antara lain:
a. Maksimal berlaku pada tiga pilihan obyek.
b. Sifat dan nilai benda harus setara.
c. Tenggang waktu tidak lebih dari tiga hari.
3. Khiyar Syarat yaitu hak ‘Aqidain untuk melangsungkan atau mengakhiri
selama batas waktu tertentu yang dipersyaratkan pada waktu akad
berlangsung. Berakhirnya khiyar syarat adalah sebagai berikut:
a. Terjadi penegasan pembatalan akad dan penetapanya.
b. Berakhirnya batas waktu khiyar.
c. Kerusakan pada objek akad.
d. Adanya penambahan atau pengembangan dalam penguasaan pihak
pembeli baik dari segi jumlah seperti beranak, bertelur atau
mengembang.
e. Shohibul Khiyar meninggal dunia.
112 | MODUL USAS PENGANTAR FIKIH MUAMALAH