Page 116 - Modul Pengantar Fikih Muamalah
P. 116

(5)  KHIYAR AKAD

                        Khiyar  dalam  Akad  Khiyar  adalah  hak  yang  dimiliki  oleh  orang  –  orang  yang
                        berakad  (‘Aqidain)  untuk  memilih  antara  meneruskan  atau  atau  membatalkan

                        (Mas’adi, 2002). Menurut Wahbah al-Zuhaili, terdapat 6 macam khiyar:


                        1.    Khiyar  Majlis,  yaitu  hak  ‘Aqidain  untuk  memilih  untuk  meneruskan  atau
                             mengakhiri akad sepanjang keduannya belum berpisah. Namun Khiyar ini

                             hanya berlaku pada akad jual beli dan sewa Ijarah. Tetapi Fuqaha Hanafiyah
                             dan  Malikiyah  menyangkal  Khiyar  jenis  ini.  Karena  akad  yang  telah

                             sempurna dan bersifat Lazim (pasti) didasarkan pada keridhaan kedua belah
                             pihak yang sudah melakukan Ijab Qabul.


                        2.    Khiyar Ta’yin, yaitu hak yang pembeli untuk memastikan benda yang sejenis

                             dan  sama  harganya  seperti  jual-beli,  hal  ini  merupakan  konsep  Fuqaha
                             Hanafi. Sedangkan Imam Syafi’i dan Ahmad ibn Hambal tidak sependapat

                             dengan  konsep  tersebut  dengan  alasan  salah  satu  syarat  objek  akad  harus
                             jelas,  akan  tetapi  menurut  fuqaha  Mazhab  Hanafiyah  keabsahan  Khiyar

                             Ta’yin harus mencakup tiga syarat. Antara lain:


                             a.    Maksimal berlaku pada tiga pilihan obyek.
                             b.    Sifat dan nilai benda harus setara.

                             c.    Tenggang waktu tidak lebih dari tiga hari.
                        3.    Khiyar  Syarat  yaitu  hak  ‘Aqidain  untuk  melangsungkan  atau  mengakhiri

                             selama  batas  waktu  tertentu  yang  dipersyaratkan  pada  waktu  akad

                             berlangsung. Berakhirnya khiyar syarat adalah sebagai berikut:

                             a.    Terjadi penegasan pembatalan akad dan penetapanya.

                             b.    Berakhirnya batas waktu khiyar.
                             c.    Kerusakan pada objek akad.

                             d.    Adanya  penambahan  atau  pengembangan  dalam  penguasaan  pihak

                                   pembeli  baik  dari  segi  jumlah  seperti  beranak,  bertelur  atau
                                   mengembang.

                             e.    Shohibul Khiyar meninggal dunia.



                        112 | MODUL USAS PENGANTAR FIKIH MUAMALAH
   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120   121