Page 123 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 123
(3) Ukuran kinerja keuangan memberi arahan yang terbatas terhadap tindakan
yang akan diambil di asa depan.
(4) Ukuran keuangan akan mendorong tindakan yang dapat menurunkan nilai
peegang saham dan pelanggan. Karena ukuran keuangan mendorong manajer
untuk berfokus pada tujuan jangka pendek dengan mengorbankan tujuan
jangka panjang.
(1) Kelebihan ukuran kinerja non-keuangan
Ukuran kinerja non-keuangan memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
(a) Menekankan pada strategi. Sebagai contoh, perusahaan memiliki strategi
mendasarkan pada memberikan pelayanan prima kepada pelanggan,
maka masuk akal jika perusahaan menggunakan ukuran tingkat kepuasan
DOKUMEN
pelanggan.
(b) Ukuran non-keuangan dapat menjadi penggerak untuk ukuran keuangan
di masa depan. Misal, tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi akan
mendorong diperolehnya laba yang lebih besar di masa depan.
IAI
(c) Ukuran non-keuangan lebih fokus pada tindak lanjut. Misal, lebih mudah
bagi manajer operasi untuk menindaklanjuti sumber produk yang cacat
daripada fokus pada mencari penyebab varians biaya,karena produk
cacat langsung terkait dengan aktivitas dan operasi dibawah kendali
manajer operasional tersebut.
(d) Lebih tepat waktu. Beberapa ukuran dapat dilaporkan segera setelah
periode kinerja dan mendorong ke tindakan koreksi segera
(e) Lebih mudah dipahami dan dikaitkan. Misal, karyawan bagian pelayanan
pelanggan lebih mudah memahami arti “jumlah pengiriman per hari”
dibandingkan dengan “varians biaya oberhead variable bulanan”.
(2) Pendekatan Balanced Scorecard
Kaplan dan Norton memperkenalkan balanced scorecard (BSC) pada tahun
1992 dan istilah balanced scorecard terkait dengan empat perspektif BSC:
keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran dan
pertumbuhan. Proses bisnis internal adalah apa yang dilakukan suatu organisasi
118