Page 123 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 123

(3)  Ukuran  kinerja  keuangan  memberi  arahan  yang  terbatas  terhadap  tindakan

                             yang akan diambil di asa depan.
                        (4)  Ukuran  keuangan  akan  mendorong  tindakan  yang  dapat  menurunkan  nilai

                             peegang saham dan pelanggan. Karena ukuran keuangan mendorong manajer
                             untuk  berfokus  pada  tujuan  jangka  pendek  dengan  mengorbankan  tujuan

                             jangka panjang.


                        (1)  Kelebihan ukuran kinerja non-keuangan

                             Ukuran kinerja non-keuangan memiliki beberapa kelebihan, yaitu:
                             (a)  Menekankan pada strategi. Sebagai contoh, perusahaan memiliki strategi

                                   mendasarkan  pada  memberikan  pelayanan  prima  kepada  pelanggan,
                                   maka masuk akal jika perusahaan menggunakan ukuran tingkat kepuasan

                               DOKUMEN
                                   pelanggan.
                             (b)  Ukuran non-keuangan dapat menjadi penggerak untuk ukuran keuangan

                                   di  masa  depan.  Misal,  tingkat  kepuasan  pelanggan  yang  tinggi  akan

                                   mendorong diperolehnya laba yang lebih besar di masa depan.
                                                     IAI
                             (c)  Ukuran non-keuangan lebih fokus pada tindak lanjut. Misal, lebih mudah

                                   bagi manajer operasi untuk menindaklanjuti sumber produk yang cacat

                                   daripada  fokus  pada  mencari  penyebab  varians  biaya,karena  produk
                                   cacat  langsung  terkait  dengan  aktivitas  dan  operasi  dibawah  kendali

                                   manajer operasional tersebut.
                             (d)  Lebih  tepat  waktu.  Beberapa  ukuran  dapat  dilaporkan  segera  setelah

                                   periode kinerja dan mendorong ke tindakan koreksi segera
                             (e)  Lebih mudah dipahami dan dikaitkan. Misal, karyawan bagian pelayanan

                                   pelanggan  lebih  mudah  memahami  arti  “jumlah  pengiriman  per  hari”

                                   dibandingkan dengan “varians biaya oberhead variable bulanan”.

                        (2)  Pendekatan Balanced Scorecard

                             Kaplan dan Norton memperkenalkan balanced scorecard (BSC) pada tahun

                             1992  dan  istilah  balanced  scorecard  terkait  dengan  empat  perspektif  BSC:
                             keuangan,  pelanggan,  proses  bisnis  internal  dan  pembelajaran  dan

                             pertumbuhan. Proses bisnis internal adalah apa yang dilakukan suatu organisasi



                                                              118
   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128