Page 125 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 125

sebaiknya tidak memiliki terlalu banyak ukuran kinerja, karena akan membuat

                             tidak fokus dan membingungkan.


                        Tabel 7.1 Contoh Ukuran Kinerja

                                Perspektif     Ukuran kinerja                           Perubahan
                                                                                        yang

                                                                                        diharapkan
                                Keuangan       ROE                                      +

                                               EVA                                      +

                                               profitabilitas                           +
                                Non-

                                keuangan
                               DOKUMEN
                                               Kepuasan  pelanggan  yang  diukur  dari  +
                                Pelanggan
                                               hasil survey

                                               Jumlah complain pelanggan                -
                                                     IAI
                                               Pangsa pasar                             +
                                               Produk  yang  dikembalikan  sebagai  -

                                               persentase penjualan
                                               Persentase  pelanggan  yang  bertahan  +

                                               sejak periode sebelumnya

                                               Jumlah pelanggan baru                    +
                                Proses  bisnis  Persentase penjualan produk baru        +

                                internal
                                               Waktu     yang     dibutuhkan     untuk  -

                                               memperkenalkan produk baru ke pasar

                                               Persentase telepon dari  pelanggan  yang  +
                                               dijawab dalam 20 detik

                                               Pengiriman    tepat    waktu    sebagai  +

                                               persentase atas seluruh pengiriman







                                                              120
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130