Page 124 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 124

untuk dapat memuaskan pelanggan. Sebagai contoh, dalam suatu perusahaan

                             manufaktur, merakit produk adalah merupakan proses internal bisnis; dimana
                             di perusahaan penerbangan, Penanganan koper pelanggan merupakan bagian

                             dari  proses  internal  bisnis.  Dapat  digarisbawahi  bahwa  “pembelajaran  dan
                             pertumbuhan” adalah penting untuk dapat memperbaiki/meningkatkan proses

                             internal  bisnis  perusahaan;  meingkatkan  proses  internal  bisnis  perusahaan

                             penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan; dan meningkatkan kepuasan
                             pelanggan penting untuk dapat meningkatkan hasil keuangan.



                             Langkah-langkah BSC meliputi:
                             (a)  Mengidentifikasi faktor sukses penting (critical success factors) untuk

                                   suatu bisnis dari empat sudut pandang:
                               DOKUMEN
                                   (i)
                                         Keuangan
                                   (ii)  Pelanggan
                                   (iii)  Proses bisnis internal
                                                     IAI
                                   (iv)  Pembelajaran dan pertumbuhan

                             (b)  Mengidentifikasi kompetensi utama dan sumber daya yang dibutuhkan
                                   untuk mencapai sukses di empat perspektif tersebut.

                             (c)  Mengembangkan indicator kinerja kunci (key performance indicators,
                                   KPI) untuk mengukur kemajuan terkait dengan kompetensi dan sumber

                                   daya.
                             (d)  Menetapkan target

                             (e)  Memonitor kinerja


                        (3)  Ukuran kinerja

                             Berikut  adalah  contoh  ukuran  kinerja  yang  dapat  ditemukan  dalam  BSC
                             perusahaan.  Manajer  harus  hati-hati  memilih  ukuran  kinerja  bagi

                             perusahaannya,  dengan  mengingat  hal-hal  berikut.  Pertama,  ukuran  kinerja
                             harus konsisten dan mengikuti strategi perusahaan. Ukuran kinerja harus dapat

                             dipahami  dan  dapat  dikendalikan  oleh  pihak  yang  dievaluasi.  Terakhir,







                                                              119
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129