Page 124 - MODUL LEVEL DASAR AKUNTANSI BIAYA DAN MANAJEMEN
P. 124
untuk dapat memuaskan pelanggan. Sebagai contoh, dalam suatu perusahaan
manufaktur, merakit produk adalah merupakan proses internal bisnis; dimana
di perusahaan penerbangan, Penanganan koper pelanggan merupakan bagian
dari proses internal bisnis. Dapat digarisbawahi bahwa “pembelajaran dan
pertumbuhan” adalah penting untuk dapat memperbaiki/meningkatkan proses
internal bisnis perusahaan; meingkatkan proses internal bisnis perusahaan
penting untuk meningkatkan kepuasan pelanggan; dan meningkatkan kepuasan
pelanggan penting untuk dapat meningkatkan hasil keuangan.
Langkah-langkah BSC meliputi:
(a) Mengidentifikasi faktor sukses penting (critical success factors) untuk
suatu bisnis dari empat sudut pandang:
DOKUMEN
(i)
Keuangan
(ii) Pelanggan
(iii) Proses bisnis internal
IAI
(iv) Pembelajaran dan pertumbuhan
(b) Mengidentifikasi kompetensi utama dan sumber daya yang dibutuhkan
untuk mencapai sukses di empat perspektif tersebut.
(c) Mengembangkan indicator kinerja kunci (key performance indicators,
KPI) untuk mengukur kemajuan terkait dengan kompetensi dan sumber
daya.
(d) Menetapkan target
(e) Memonitor kinerja
(3) Ukuran kinerja
Berikut adalah contoh ukuran kinerja yang dapat ditemukan dalam BSC
perusahaan. Manajer harus hati-hati memilih ukuran kinerja bagi
perusahaannya, dengan mengingat hal-hal berikut. Pertama, ukuran kinerja
harus konsisten dan mengikuti strategi perusahaan. Ukuran kinerja harus dapat
dipahami dan dapat dikendalikan oleh pihak yang dievaluasi. Terakhir,
119