Page 130 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 130

D.    Penagihan

               Pada aktivitas penagihan ini melibatkan 2 tugas yaitu (1) mencetak dan mengirimkan faktur
               kepada pelanggan;  (2)  memperbaharui saldo  piutang pelanggan di  sistem. Kedua tugas ini

               dijalankan oleh unit yang berbeda di dalam departemen akuntansi.
               (1)  Mencetak dan Mengirimkan Faktur

                     Penagihan  yang  akurat  dan  tepat  waktu  untuk  barang  yang  dikirim  sangat  penting.
                     Aktivitas  ini  membutuhkan  informasi  dari  departemen  pengiriman  yang

                     mengidentifikasi  barang  dan  kuantitas  yang  dikirim  dan  informasi  mengenai  harga,

                     serta  persyaratan  penjualan  khusus  dari  departemen  penjualan  (jika  ada).  Dokumen
                     dasar  yang  dibuat  dalam  proses  penagihan  adalah  faktur  penjualan  (sales  invoice)

                     yang menginformasikan pelanggan mengenai jumlah yang harus dibayar dan informasi

                     pembayarannya (misalnya no rekening bank).
               (2)  Memperbaharui Saldo Piutang Pelanggan

                     Bagian piutang menjalankan 2 tugas utama yaitu menggunakan informasi dalam faktur
                               DOKUMEN
                     penjualan  untuk  mendebit  rekening  piutang  pelanggan  dan  mengkreditkan  rekening

                     piutang  tersebut  ketika  pembayaran  diterima.  Terdapat  2  metode  dalam  mengelola
                     piutang pelanggan, yaitu open-invoice method dan balance-forward method.
                                                     IAI


                     Dalam open-invoice method, pelanggan biasanya membayar berdasarkan setiap faktur/
                     invoice. Faktur yang dikirimkan kepada pelanggan biasanya terdapat 2 salinan, dimana

                     1 salinan dokumen dikembalikan saat pembayaran. Salinan ini adalah dokumen yang
                     dapat  dikembalikan  kembali  (turnaround  document)  yang  disebut  sebagai  nota

                     pengiriman uang (remittance advice). Keuntungan dengan open invoice ini adalah lebih
                     mudah menawarkan diskon untuk pembayaran lebih awal karena masing-masing faktur

                     dapat  ditelusur  dan  dihitung  umurnya.  Sedangkan  kelemahannya  adalah  adanya

                     kerumitan  yang  diperlukan  untuk  memelihara  informasi  masing-masing  faktur  untuk
                     setiap pelanggan.



                     Dalam  balance-forward  method,  para  pelanggan  biasanya  membayar  berdasarkan
                     jumlah  yang  ditunjukkan  dalam  laporan  bulanan,  bukan  berdasarkan  pada  faktur.

                     Laporan  bulanan  mencantumkan  keseluruhan  transaksi  termasuk  penjualan  dan
                     pembayaran  yang  terjadi  selama  1  periode  (1  bulan),  serta  informasi  saldo  piutang

                     terakhir  pelanggan.  Metode  ini  lebih  efisien  dengan  menghindari  kebutuhan  untuk
                                                           123
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135