Page 130 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 130
D. Penagihan
Pada aktivitas penagihan ini melibatkan 2 tugas yaitu (1) mencetak dan mengirimkan faktur
kepada pelanggan; (2) memperbaharui saldo piutang pelanggan di sistem. Kedua tugas ini
dijalankan oleh unit yang berbeda di dalam departemen akuntansi.
(1) Mencetak dan Mengirimkan Faktur
Penagihan yang akurat dan tepat waktu untuk barang yang dikirim sangat penting.
Aktivitas ini membutuhkan informasi dari departemen pengiriman yang
mengidentifikasi barang dan kuantitas yang dikirim dan informasi mengenai harga,
serta persyaratan penjualan khusus dari departemen penjualan (jika ada). Dokumen
dasar yang dibuat dalam proses penagihan adalah faktur penjualan (sales invoice)
yang menginformasikan pelanggan mengenai jumlah yang harus dibayar dan informasi
pembayarannya (misalnya no rekening bank).
(2) Memperbaharui Saldo Piutang Pelanggan
Bagian piutang menjalankan 2 tugas utama yaitu menggunakan informasi dalam faktur
DOKUMEN
penjualan untuk mendebit rekening piutang pelanggan dan mengkreditkan rekening
piutang tersebut ketika pembayaran diterima. Terdapat 2 metode dalam mengelola
piutang pelanggan, yaitu open-invoice method dan balance-forward method.
IAI
Dalam open-invoice method, pelanggan biasanya membayar berdasarkan setiap faktur/
invoice. Faktur yang dikirimkan kepada pelanggan biasanya terdapat 2 salinan, dimana
1 salinan dokumen dikembalikan saat pembayaran. Salinan ini adalah dokumen yang
dapat dikembalikan kembali (turnaround document) yang disebut sebagai nota
pengiriman uang (remittance advice). Keuntungan dengan open invoice ini adalah lebih
mudah menawarkan diskon untuk pembayaran lebih awal karena masing-masing faktur
dapat ditelusur dan dihitung umurnya. Sedangkan kelemahannya adalah adanya
kerumitan yang diperlukan untuk memelihara informasi masing-masing faktur untuk
setiap pelanggan.
Dalam balance-forward method, para pelanggan biasanya membayar berdasarkan
jumlah yang ditunjukkan dalam laporan bulanan, bukan berdasarkan pada faktur.
Laporan bulanan mencantumkan keseluruhan transaksi termasuk penjualan dan
pembayaran yang terjadi selama 1 periode (1 bulan), serta informasi saldo piutang
terakhir pelanggan. Metode ini lebih efisien dengan menghindari kebutuhan untuk
123