Page 131 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 131

memproses  penerimaan  kas  bagi  tiap-tiap  penjualan  individu.  Metode  ini  juga  lebih

                     memudahkan pelanggan karena cukup melakukan pembayaran hanya 1 kali saja setiap
                     bulan dan tidak per faktur.


                     Penyesuaian  rekening  pelanggan  terkadang  diperlukan.  Sebagai  contoh,  rekening

                     pelanggan  dikreditkan  karena  adanya  transaksi  retur  barang  atau  potongan  penjualan
                     untuk barang rusak. Untuk mengkreditkan rekening pelanggan atas barang yang diretur,

                     manajer  kredit  harus  mendapatkan  informasi  dari  bagian  penerimaan  bahwa  barang

                     tersebut  benar-benar  diretur  dan  ditempatkan  kembali  dalam  persediaan.  Kemudian
                     manajer kredit menerbitkan memo kredit (credit memo) yang mengotorisasi kredit atas

                     rekening pelanggan.


                     Jika kerusakan barang sedikit, dimungkinkan pelanggan setuju untuk tetap menerima

                     barang  tersebut  dengan  pengurangan  harga.  Pada  kasus  semacam  ini,  manajer  kredit
                               DOKUMEN
                     akan  menerbitkan  memo  kredit  untuk  merefleksikan  jumlah  yang  harus  dikredit  ke

                     rekening  pelanggan.  Salinan  memo  kredit  akan  dikirimkan  ke  bagian  piutang  untuk
                     mengotorisasi  penyesuaian  terhadap  saldo  rekening  pelanggan,  dan  salinan  lainnya

                     dikirimkan ke pelanggan.

                                                     IAI
                     Pada  kasus  dimana  piutang  gagal  ditagih  setelah  upaya  penagihan  dilakukan  dalam

                     waktu  tertentu,  maka  akan  dilakukan  penghapusan  piutang.  Manajer  kredit  akan
                     menerbitkan memo kredit untuk mengotorisasi penghapusan tersebut. Namun salinan

                     memo kredit untuk kasus penghapusan piutang ini tidak dikirimkan ke pelanggan.


               Berikut  pada  tabel  10.3  akan  diuraikan  mengenai  risiko  yang  mungkin  terjadi  di  dalam

               aktivitas  penagihan,  pengendalian  terhadap  risiko  yang  diidentifikasi,  dan  pengujian
               pengendaliannya.











                                                           124
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136