Page 131 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 131
memproses penerimaan kas bagi tiap-tiap penjualan individu. Metode ini juga lebih
memudahkan pelanggan karena cukup melakukan pembayaran hanya 1 kali saja setiap
bulan dan tidak per faktur.
Penyesuaian rekening pelanggan terkadang diperlukan. Sebagai contoh, rekening
pelanggan dikreditkan karena adanya transaksi retur barang atau potongan penjualan
untuk barang rusak. Untuk mengkreditkan rekening pelanggan atas barang yang diretur,
manajer kredit harus mendapatkan informasi dari bagian penerimaan bahwa barang
tersebut benar-benar diretur dan ditempatkan kembali dalam persediaan. Kemudian
manajer kredit menerbitkan memo kredit (credit memo) yang mengotorisasi kredit atas
rekening pelanggan.
Jika kerusakan barang sedikit, dimungkinkan pelanggan setuju untuk tetap menerima
barang tersebut dengan pengurangan harga. Pada kasus semacam ini, manajer kredit
DOKUMEN
akan menerbitkan memo kredit untuk merefleksikan jumlah yang harus dikredit ke
rekening pelanggan. Salinan memo kredit akan dikirimkan ke bagian piutang untuk
mengotorisasi penyesuaian terhadap saldo rekening pelanggan, dan salinan lainnya
dikirimkan ke pelanggan.
IAI
Pada kasus dimana piutang gagal ditagih setelah upaya penagihan dilakukan dalam
waktu tertentu, maka akan dilakukan penghapusan piutang. Manajer kredit akan
menerbitkan memo kredit untuk mengotorisasi penghapusan tersebut. Namun salinan
memo kredit untuk kasus penghapusan piutang ini tidak dikirimkan ke pelanggan.
Berikut pada tabel 10.3 akan diuraikan mengenai risiko yang mungkin terjadi di dalam
aktivitas penagihan, pengendalian terhadap risiko yang diidentifikasi, dan pengujian
pengendaliannya.
124