Page 148 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 148
jawab membandingkan packing slip dari pemasok dengan dokumen purchase order untuk
memverifikasi barang yang dipesan. Petugas penerimaan menghitung kuantitas barang yang
diterima, memeriksa kondisi barang, dan mengirimkan ke bagian persediaan/gudang.
Dokumen-dokumen dalam aktivitas penerimaan antara lain, laporan penerimaan (receiving
report) dan Debit Memo. Receiving report adalah sebuah dokumen yang mencatat detail
setiap penerimaan barang, termasuk tanggal diterima, pengirim, pemasok dan kuantitas
diterima. Receiving report juga berisi kolom untuk penjelasan kualitas barang yang diterima,
informasi petugas yang menerima dan menginspeksi barang.
Dalam kasus barang rusak atau berkualitas buruk, sebuah dokumen yang disebut debit memo
disiapkan setelah pemasok setuju mengambil kembali barang atau memberikan pengurangan
harga. Debit memo merupakan sebuah dokumen yang digunakan untuk mencatat
pengurangan terhadap saldo yang harus dibayarkan ke pemasok. Salinan debit memo
DOKUMEN
dikirimkan ke pemasok, kemudian pemasok akan menerbitkan credit memo sebagai
pengakuan dan persetujuan. Dokumen debit memo dan credit memo akan menjadi dasar bagi
bagian keuangan (utang) untuk menyesuaikan saldo terutang terhadap pemasok tersebut.
IAI
Berikut pada tabel 11.2 akan diuraikan mengenai risiko yang mungkin terjadi di dalam
aktivitas penerimaan barang atau perlengkapan atau jasa, pengendalian terhadap risiko yang
diidentifikasi, dan pengujian pengendaliannya.
Tabel 11.2 Daftar Risiko, Aktivitas Pengendalian, dan Pengujian Pengendalian Aktivitas
Penerimaan Barang.
RISIKO PENGENDALIAN PENGUJIAN
PENGENDALIAN
Menerima barang yang Memberi akses ke file
tidak dipesan. order pembelian kepada
bagian penerimaan.
Instruksi bahwa barang
yang diterima adalah yang
tertera di dalam order
141