Page 148 - MODUL LEVEL DASAR ASURANS DAN SISTEM INFORMASI
P. 148

jawab  membandingkan  packing  slip  dari  pemasok  dengan  dokumen  purchase  order  untuk

               memverifikasi barang yang dipesan. Petugas penerimaan menghitung kuantitas barang yang
               diterima, memeriksa kondisi barang, dan mengirimkan ke bagian persediaan/gudang.


               Dokumen-dokumen dalam aktivitas penerimaan antara lain, laporan penerimaan (receiving

               report)  dan  Debit  Memo.  Receiving  report  adalah  sebuah  dokumen  yang  mencatat  detail
               setiap  penerimaan  barang,  termasuk  tanggal  diterima,  pengirim,  pemasok  dan  kuantitas

               diterima. Receiving report juga berisi kolom untuk penjelasan kualitas barang yang diterima,

               informasi petugas yang menerima dan menginspeksi barang.


               Dalam kasus barang rusak atau berkualitas buruk, sebuah dokumen yang disebut debit memo

               disiapkan setelah pemasok setuju mengambil kembali barang atau memberikan pengurangan
               harga.  Debit  memo  merupakan  sebuah  dokumen  yang  digunakan  untuk  mencatat

               pengurangan  terhadap  saldo  yang  harus  dibayarkan  ke  pemasok.  Salinan  debit  memo
                               DOKUMEN
               dikirimkan  ke  pemasok,  kemudian  pemasok  akan  menerbitkan  credit  memo  sebagai

               pengakuan dan persetujuan. Dokumen debit memo dan credit memo akan menjadi dasar bagi
               bagian keuangan (utang) untuk menyesuaikan saldo terutang terhadap pemasok tersebut.
                                                     IAI


               Berikut  pada  tabel  11.2  akan  diuraikan  mengenai  risiko  yang  mungkin  terjadi  di  dalam
               aktivitas penerimaan barang atau perlengkapan atau jasa, pengendalian terhadap risiko yang

               diidentifikasi, dan pengujian pengendaliannya.


                  Tabel 11.2 Daftar Risiko, Aktivitas Pengendalian, dan Pengujian Pengendalian Aktivitas
                                                   Penerimaan Barang.

                          RISIKO                   PENGENDALIAN                     PENGUJIAN

                                                                                  PENGENDALIAN
                Menerima      barang   yang    Memberi  akses  ke  file

                tidak dipesan.                   order  pembelian  kepada

                                                 bagian penerimaan.
                                                Instruksi  bahwa  barang

                                                 yang diterima adalah yang

                                                 tertera  di  dalam  order


                                                           141
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153