Page 128 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 128
dan jasa
Karena itu bisnis perlu menganalisis para pihak dalam rantai pasokannya dan melihat
apakah prinsip-prinsip manajemen rantai pasokan terpadu (integrated supply chain
management) dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi.
Definisi
Manajemen Rantai Pasokan Terpadu (Integrated Supply Chain Management) adalah
kerjasama dalam mengoptimalisasikan kegiatan bisnis dalam mengasilkan barang dan
jasa.
Manajemen Rantai Pasokan Terpadu adalah sarana yang digunakan dalam dunia usaha
untuk dapat megelola rantai dari pemakaian sumber daya sampai kepada konsumen. Hal
itu dapat melibatkan aspek berikut:
DOKUMEN
(a) Mengurangi jumlah pemasok dan menjalin hubungan baik dengan mitra yang ada.
(b) Mengurangi pelanggan yang dilayani dengan tujuan sumber daya perusahaan dapat
fokus dan konsentrasi pada pelanggan dengan nilai potensial yang tinggi
IAI
(c) Mengkoordinasikan harga dan persediaan. Sebuah bisnis mengkoordinasikan
kebijakan harga dan persediaan mereka untuk menghindari masalah dan hamabatan
yang disebabkan oleh lonjakan permintaan jangka pendek seperti promosi.
(d) Menghubungkan dengan sistem komputer- Pertukaran data elektronik dengan
tujuan untuk menghemat dokumen dan biaya pergudangan.
(e) Keterlibatan pemasok awal dalam pengembangan produk dan komponen desain.
(f) Sistem distribudi yang dirancang dengan hati-hati.
(g) Perwakilan pemasok di situs.
(5) Analisis Produk dan Pasar: Siklus Hidup Produk
Siklus hidup produk adalah suatu produk menunjukkan karakteristik laba dan investasi
yang berbeda dari waktu ke waktu. Menganalisis memungkinkan bisnis untuk memeriksa
portofolio barang dan jasa secara keseluruhan.
Seperti halnya industri, keuntungan dan penjualan suatu produk juga diharapkan berubah
seiring waktu. Siklus hidup produk adalah upaya untuk mengenali tahap yang berbeda
dalam sejarah produk. Manajer pemasaran membedakan antara berbagai aspek produk:
122