Page 128 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 128

dan jasa


                     Karena itu bisnis perlu menganalisis para pihak dalam rantai pasokannya dan melihat

                     apakah  prinsip-prinsip  manajemen  rantai  pasokan  terpadu    (integrated  supply  chain
                     management) dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi.


                     Definisi

                     Manajemen  Rantai  Pasokan  Terpadu  (Integrated  Supply  Chain  Management)  adalah

                     kerjasama dalam mengoptimalisasikan kegiatan bisnis dalam mengasilkan barang dan
                     jasa.



                     Manajemen Rantai Pasokan Terpadu adalah sarana yang digunakan dalam dunia usaha
                     untuk dapat megelola rantai dari pemakaian sumber daya sampai kepada konsumen. Hal

                     itu dapat melibatkan aspek berikut:
                               DOKUMEN
                     (a)  Mengurangi jumlah pemasok dan menjalin hubungan baik dengan mitra yang ada.

                     (b)  Mengurangi pelanggan yang dilayani dengan tujuan sumber daya perusahaan dapat
                           fokus dan konsentrasi pada pelanggan dengan nilai potensial yang tinggi
                                                     IAI
                     (c)  Mengkoordinasikan  harga  dan  persediaan.  Sebuah  bisnis  mengkoordinasikan

                           kebijakan harga dan persediaan mereka untuk menghindari masalah dan hamabatan
                           yang disebabkan oleh lonjakan permintaan jangka pendek seperti promosi.

                     (d)  Menghubungkan  dengan  sistem  komputer-  Pertukaran  data  elektronik  dengan
                           tujuan untuk menghemat dokumen dan biaya pergudangan.

                     (e)  Keterlibatan pemasok awal dalam pengembangan produk dan komponen desain.
                     (f)   Sistem distribudi yang dirancang dengan hati-hati.

                     (g)  Perwakilan pemasok di situs.


               (5)  Analisis Produk dan Pasar: Siklus Hidup Produk

                     Siklus hidup produk adalah suatu produk menunjukkan karakteristik laba dan investasi

                     yang berbeda dari waktu ke waktu. Menganalisis memungkinkan bisnis untuk memeriksa
                     portofolio barang dan jasa secara keseluruhan.


                     Seperti halnya industri, keuntungan dan penjualan suatu produk juga diharapkan berubah

                     seiring waktu. Siklus hidup produk adalah upaya untuk mengenali tahap yang berbeda
                     dalam sejarah produk. Manajer pemasaran membedakan antara berbagai aspek produk:


                                                           122
   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133