Page 138 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 138

G.  Menetapkan Tujuan Strategis

               (1)  Apa Ingin Dicapai?
                     Dalam melaksanakan sebuah bisnis, setiap perusahaan harus menetapkan sasaran bisnis

                     sebagai target kinerja yang ingin dicapai sekaligus untuk mengukur keberhasilan atau
                     kegagalan  program  kerja  yang  telah  ditetapkan.  Dalam  bisnis  sendiri-  model  proses

                     perencanaan strategis melihat misi dan tujuan bisnis. Bisnis tersebut tentang apa, untuk

                     siapa  bisnis  ini  didirikan,  apa  yang  ingin  dicapai  dari  bisnis  itu?  Untuk  menjawab
                     pertanyaan ini, kita perlu melakukan analisis pemangku kepentingan (stakeholders)  yang

                     terinci sebelum merumuskan misi dan tujuan bisnis.


               (2)  Analisis Pemangku Kepentingan

                     Kita perlu melihat bagaimana tujuan dan sasaran pemangku kepentingan untuk bisnis
                               DOKUMEN
                     diseimbangkan  untuk  menentukan  apa  tujuan  dan  sasaran  bisnis  seharusnya.  Karena

                     adanya  perbedaan  kepentingan  yang  dipertaruhkan,  kebutuhan  dan  tujuan  masing-
                     masing  pemangku  kepentingan  terikat  tidak  sesuai,  maka  akan  adanya  pemangku
                      Pemangku kepentingan  IAI
                     kepentingan sering berkonflik.

                                                                 Konflik



                      Pemegang saham vs Manajer/Direktur         Keuntungan vs Pertumbuhan

                      Pemegang saham vs Manajer/Direktur         Keuntungan dari Merjer vs Independensi
                      Pemegang saham vs Tenaga kerja             Efisiensi biaya vs tugas

                      Konsumen  vs  Pemegang  saham  dan  Mutu jasa yang diberikan vs Keuntungan

                      Manajer/Direktur                           dan Biaya
                      Pemegang saham vs Bank                     Pengembalian vs Risiko


                     Pada  akhirnya,  tujuan  bisnis  cenderung  untuk  mengikuti  keinginan  para  pemangku

                     kepentingan yang paling dominan, para direktur / manajernya, tetapi mereka dibatasi oleh
                     para  pemangku  kepentingan  lainnya,  terutama  para  pemegang  saham.  Bisnis  perlu

                     memperhatikan seluruh pemangku kepentingan, apakah kebutuhan mereka menentukan

                     atau memang berpengaruh pada tujuan bisnis tergantung pada kekuatan relatif kelompok
                     pemangku kepentingan.




                                                           132
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143