Page 133 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 133
question mark. Produk-produk question mark yang gagal mendapatkan pangsa
pasar dominan, pada saat tingkat pertumbuhan industry melambat akan bergeser
menjadi “dog”.
(d) Dog adalah produk-produk dengan pangasa pasar rendah dan tidak memiliki
potensi (karena keberadaannya dalam industry yang tidak menarik) untuk
menghasilkan banyak kas. Menurut matrik BCG produk “dog” sebaiknya dijual
atau dikelola dengan hati-hati.
F. Penilaian Perusahaan
Penilaian internal dari bisnis
Analisis internal Kekuatan (Strengths)
Kelemahan (Weakness)
Analisis Eksternal DOKUMEN
Penilaian eksternal dari bisnis
Peluang (Opportunities)
Ancaman (Threats)
Menghadapi suatu bisnis
IAI
Kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis dianalisis dengan menggunakan analisis
SWOT.
(1) Analisis SWOT
Penilaian perusahaan: Penilaian kritis terhadap kekuatan (strengths), kelemahan
(weakness), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) (Analisis SWOT)
sehubungan dengan faktor-faktor internal dan lingkungan yang mempengaruhi suatu
bisnis untuk menetapkan kondisinya sebelum persiapan rencana jangka panjang. (CIMA
Official Terminology).
Penting untuk memahami frasa penilaian kritis yang digunakan dalam definisi diatas.
Daftar sederhana dari empat jenis faktor tidak menghasilkan strategi yang kuat dan bisa
diterapkan. Manajer yang terlibat harus memiliki pemahaman yang rinci terhadap sifat
dan implikasi faktor-faktor tersebut. Khususnya penting memiliki sikap untuk realistis,
optimis dan tidak pesimis.
127