Page 133 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 133

question  mark.  Produk-produk  question  mark  yang  gagal  mendapatkan  pangsa

                           pasar dominan, pada saat tingkat pertumbuhan industry melambat akan bergeser
                           menjadi “dog”.

                     (d)  Dog  adalah  produk-produk  dengan  pangasa  pasar  rendah  dan  tidak  memiliki
                           potensi  (karena  keberadaannya  dalam  industry  yang  tidak  menarik)  untuk

                           menghasilkan banyak kas. Menurut matrik BCG produk “dog” sebaiknya dijual
                           atau dikelola dengan hati-hati.



                F.   Penilaian Perusahaan




                                                 Penilaian internal dari bisnis
                  Analisis internal              Kekuatan (Strengths)

                                                 Kelemahan (Weakness)
                  Analisis Eksternal  DOKUMEN

                                                 Penilaian eksternal dari bisnis
                                                 Peluang (Opportunities)

                                                 Ancaman (Threats)
                                                 Menghadapi suatu bisnis

                                                     IAI


               Kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bisnis dianalisis dengan menggunakan analisis
               SWOT.


               (1)  Analisis SWOT
                     Penilaian  perusahaan:  Penilaian  kritis  terhadap  kekuatan  (strengths),  kelemahan

                     (weakness),  peluang  (opportunities),  dan  ancaman  (threats)  (Analisis  SWOT)
                     sehubungan  dengan  faktor-faktor  internal  dan  lingkungan  yang  mempengaruhi  suatu

                     bisnis untuk menetapkan kondisinya sebelum persiapan rencana jangka panjang.  (CIMA

                     Official Terminology).


                     Penting untuk memahami frasa penilaian kritis yang digunakan dalam definisi diatas.

                     Daftar sederhana dari empat jenis faktor tidak menghasilkan strategi yang kuat dan bisa
                     diterapkan. Manajer yang terlibat harus memiliki pemahaman yang rinci terhadap sifat

                     dan implikasi faktor-faktor tersebut. Khususnya penting memiliki sikap untuk realistis,
                     optimis dan tidak pesimis.



                                                           127
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138