Page 137 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 137

terhadap  suatu  hal,  kegiatan,  masalah,  dll).  Faktor  yang  ada  dalam  analisis  PESTEL

                     adalah (Political, Economic, Social, Technological, Legal, dan Enviromental).

               (2)  Menggabungkan Elemen Dalam Analisis SWOT

                     Analisis  SWOT  menunjukkan  jenis  strategi  yang  tersedia  untuk  dapat  dimanfaatkan
                     kekuatannya dan peluang dalam menghadapi kelemahan dan melawan ancaman.

                     (a)  Kekuatan utama serta peluang yang menguntungkan dapat dimanfaatkan apabila

                           kekuatan digunakan sesuai dengan peluang yang ada.
                     (b)  Kelemahan dan ancaman utama harus diatasi atau strategi darurat atau tindakan

                           korektif harus dikembangkan.
                     Analisis  SWOT  dapat  diringkas  pada  bagan  ini.  Dalam  contoh  di  bawah  ini,

                     pengembangan strategi potensial dapat diilustrasikan sbb:


                      Kekuatan (strengths)                       Kelemahan (weakness)
                         Modal Rp10.000.000.000 tersedia          Sangat  bergantung  pada  pelanggan
                               DOKUMEN
                         Tersedianya  ahli  produksi  dan          yang jumlahnya tidak banyak.

                           keterampilan pemasaran.                 Rangkaian  produk  yang  terbatas
                                                                    tanpa  adanya  produk  baru  dan
                                                     IAI            perkiraan adanya penurunan pasar.

                                                                   Organisasi  pemasaran  yang  tidak

                                                                    besar.

                      Peluang (opprotunities)                    Ancaman (threats)
                         Insentif pajak untuk investasi baru.      Pesaing utama sudah memiliki pasar

                         Meningkatkan  permintaan  di  pasar        baru.
                           baru,  meskipun  jumlah  konsumen

                           yang masih terbilang sedikit.







                     Bisnis tersebut tampaknya akan segera kehilangan pasar. Peluang pasar baru ada untuk
                     dimanfaatkan dan karena jumlah pelanggannya sedikit, ukuran relafit kecil dari tenaga

                     pemasaran yang ada maka tidak akan menjadi penghalang langsung. Dalam praktiknya,
                     kombinasi  dari  strategi  keuangan,  persaingan  dan  strategi  lembaga  akan  sangat

                     diperlukan.



                                                           131
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142