Page 139 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 139
Ekonomom Aubrey L Mendelow memetakan pemangku kepentingan pada sebuah
matriks di bawah ini yang sumbu-sumbunya menggambarkan kekuatan yang dimiliki,
dan tingkat kekuatan dalam kegiatan bisnis. Faktor-faktor ini membantu menentukan
jenis hubungan yang harus dicari bisnis dengan para pemangku kepentingannya.
Secara umum praktek pemetaan pemangku kepentingan (stakeholder) diawali dengan
mengidentifikasi siapa saja pihak yang berkepentingan dan berpengaruh terhadap bisnis
yang diusulkan. Langkah berikutnya ialah mengembangkan pemahaman secara
komprehensif tentang stakeholder agar kita mengetahui bagaimana respon mereka
sehingga kita bisa mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk menyampaikan pesan
secara baik kepada stakeholder terkait.
DOKUMEN
Setelah kita melakukan analisis dengan menggunakan metode stakeholder mapping ini,
susunlah perencanaan untuk menentukan strategi dengan melibatkan para stakeholders.
Jika para stakeholders merespon positif terhadap kegiatan kita, hal ini tentu akan
menghasilkan dampak positif bagi perusahaan/organisasi kita.
IAI
Tingkat Kepentingan
Rendah Tinggi
Rendah A B
Usaha yang Tetap memberikan
minimal informasi
C D
Kekuatan
Menjaga kepuasan Menjaga mitra
Tinggi usaha
Gambar 4.10 Pemetaan Pemangku Kepentingan (stakeholders)
Kekuasaan adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh para pemangku kepentingan untuk
memengaruhi tujuan bisnisnya. Sumber daya dapat berasal dari internal atau eksternal.
133