Page 139 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 139

Ekonomom  Aubrey  L  Mendelow  memetakan  pemangku  kepentingan  pada  sebuah

                     matriks di bawah ini yang sumbu-sumbunya menggambarkan kekuatan yang dimiliki,
                     dan tingkat kekuatan dalam kegiatan bisnis. Faktor-faktor ini membantu  menentukan

                     jenis hubungan yang harus dicari bisnis dengan para pemangku kepentingannya.


                     Secara umum praktek pemetaan pemangku kepentingan (stakeholder) diawali dengan

                     mengidentifikasi siapa saja pihak yang berkepentingan dan berpengaruh terhadap bisnis
                     yang  diusulkan.  Langkah  berikutnya  ialah  mengembangkan  pemahaman  secara

                     komprehensif  tentang  stakeholder  agar  kita  mengetahui  bagaimana  respon  mereka

                     sehingga kita bisa mengetahui bagaimana strategi yang tepat untuk menyampaikan pesan
                     secara baik kepada stakeholder terkait.


                               DOKUMEN
                     Setelah kita melakukan analisis dengan menggunakan metode stakeholder mapping ini,

                     susunlah perencanaan untuk menentukan strategi dengan melibatkan para stakeholders.
                     Jika  para  stakeholders  merespon  positif  terhadap  kegiatan  kita,  hal  ini  tentu  akan

                     menghasilkan dampak positif bagi perusahaan/organisasi kita.

                                                     IAI
                                                                     Tingkat Kepentingan

                                                           Rendah                           Tinggi
                                      Rendah               A                    B

                                                           Usaha         yang  Tetap  memberikan

                                                           minimal              informasi
                                                           C                    D
                                 Kekuatan
                                                           Menjaga kepuasan     Menjaga       mitra
                                      Tinggi                                    usaha



                     Gambar 4.10 Pemetaan Pemangku Kepentingan (stakeholders)


                     Kekuasaan adalah segala sesuatu yang dimiliki oleh para pemangku kepentingan untuk

                     memengaruhi tujuan bisnisnya. Sumber daya dapat berasal dari internal atau eksternal.





                                                           133
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144