Page 135 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 135

Dalam  praktiknya,  berbagai  keterbatasan  dan  kekurangan  kemampuan  tersebut
                           bisa terlihat dari sarana dan prasarana yang dimiliki, kemampuan manajerial yang

                           rendah, keterampilan pemasaran yang tidak sesuai dengan tuntutan pasar, produk
                           yang  tidak  atau  kurang  diminati  oleh  para  pengguna  atau  calon  pengguna  dan

                           tingkat perolehan keuntungan yang kurang memadai.




                     (c)  Peluang (Opportunity)

                           Peluang  (opportunity)  adalah  situasi  penting  yang  menguntungkan  dalam
                           lingkungan  perusahaan  atau  organisasi.  Kecenderungan-kecenderungan  penting

                           merupakan  salah  satu  sumber  peluang.  Identifikasi  segmen  pasar  yang  tadinya
                           terabaikan, perubahan pada situasi persaingan atau peraturan, perubahan teknologi,

                           serta  membaiknya  hubungan  dengan  pembeli  atau  pemasok  dapat  memberikan
                               DOKUMEN
                           peluang bagi perusahaan atau organisasi. Faktor peluang situasi lingkungan yang
                           menguntungkan bagi suatu satuan bisnis. Yang dimaksud dengan berbagai situasi

                           tersebut antara lain:
                                                     IAI
                           1)   Kecenderungan penting yang terjadi dikalangan pengguna produk;

                           2)   Identifikasi suatu segmen pasar yang belum mendapatkan perhatian;

                           3)   Perubahan dalam kondisi persaingan;
                           4)   Perubahan dalam peraturan perundang-undangan yang membuka berbagai

                                kesempatan baru dalam kegiatan berusaha;
                           5)   Hubungan dengan para pembeli yang akrab;

                           6)   Hubungan dengan pemasok yang harmonis.


                     (d)  Ancaman (Threat)

                           Ancaman  (threat)  adalah  situasi  penting  yang  tidak  menguntungkan  dalam
                           lingkungan  bisnis  perusahaan.    Ancaman  merupakan  pengganggu  utama  bagi

                           posisi  saat  ini  yang  diinginkan  oleh  perusahaan.  Masuknya  pesaing  baru,
                           lambatnya pertumbuhan pasar, meningkatnya kekuatan tawar-menawar pembeli

                           atau pemasok penting, perubahan teknologi serta peraturan baru atau yang direvisi

                           dapat  menjadi  ancaman  bagi  keberhasilan  perusahaan.  Ancaman  merupakan
                           kebalikan pengertian peluang, dengan demikian dapat dikatakan bahwa ancaman




                                                           129
   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140