Page 173 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 173

kesadaran dan kompetensi internasional lebih awal kepada para manajernya dan

                           secara  sistematis  mengintegrasikan  penugasan  global  ke  dalam  rencana  karir
                           individu.  Misalkan pemberian pelatihan bahasa  dan antar budaya. Pelatihan ini

                           akan  memberikan  karyawan  pemahaman  lebih  baik  tentang  pasar  internasional
                           perusahan. Perusahaan lain mungkin memberi penugasan internasional beberapa

                           saat setelah karyawan diterima. Hal ini akan memperkaya pemahaman karyawan
                           atas budaya dan teknologi perusahaan. Idenya adalah, jika di kemudian hari mereka

                           dikirim kembali ke lokasi yang sama – ketika mereka berada di posisi yang lebih

                           tinggi – mereka akan bisa bekerja lebih efektif.
               (4)  Penilaian kinerja dan kompensasi

                     Penilaian kinerja dan kompensasi melibatkan isu-isu yang sedang berlangsung yang tetap

                     akan berpengaruh setelah penugasan global pertama.
                     (a)  Penilaian kinerja dalam perusahaan global

                           Penilaian  kinerja  adalah  proses  menilai  seberapa  efektif  para  pekerja
                               DOKUMEN
                           menyelesaikan pekerjaannya. Tujuan dari penilaian kinerja adalah untuk memberi

                           umpan balik kepada individu atas seberapa baik mereka bekerja; memberikan suatu
                           dasar untuk memberi penghargaan kepada pekerja terbaik; untuk mengidentifikasi
                                                     IAI
                           area-area dimana tambahan pelatihan dan pengembangan mungkin diperlukan; dan

                           untuk  mengidentifikasi  area  masalah  yang  membutuhkan  perubahan  dalam
                           penugasan.

                           Penilaian kinerja dari manajer atas suatu perusahaan global harus didasarkan pada
                           pemahaman yang jelas dari perusahaan  atas tujuannya terhadap operasi luar negeri.

                           Suatu cabang yang berhasil dalam suatu pasar luar negeri yang mature dan stabil
                           akan memiliki tujuan yang berbeda dibanding suatu start-up yang beroperasi di

                           pasar yang tumbuh dan dan tidak stabil.

                           Dalam menilai kinerja aktual dari manajer, perusahaan perlu mempertimbangkan
                           penjualan,  marjin  laba,  pertumbuhan  pangsa  pasar,  atau  ukuran  lainnya  atau

                           indikator lain yang dianggap penting. Jika suatu cabang memiliki masalah, kinerja

                           akan  lebih  tepat  dinilai  terkait  dengan  sejauh  mana  manajer  telah  membantu
                           menyelesaikan  masalah.  Misal,  mengurangi  rugi  bersih  atau  menghentikan

                           penurunan pangsa pasar akan dipertimbangkan kinerja yang baik, minimal dalam
                           jangka  pendek.  Kinerja  yang  diharapkan  dan  aktual  harus  dibandingkan,  dan

                           perbedaan harus ditindaklanjuti.



                                                           167
   168   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178