Page 168 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 168

Banyak perusahaan global yang mengembangkan suatu strategi yang sistematik

                           dalam  memilih  antara  HCN,  PCN  dan  TCN  untuk  berbagai  posisi.  Banyak
                           perusahaan yang memilih model penempatan staf ethnocentric, dimana banyak

                           menggunakan  PCN  untuk  menempatkan  posisi  level  atas  di  luar  negeri.  Ini
                           didasarkan  pada  asumsi  bahwa  perspektif  kantor  pusat  harus  didahulukan  dari

                           perspektif lokal dan bahwa PCN ekspatriat lebih efektif dalam merepresentasikan
                           pandangan kantor pusat di kantor operasi di luar negeri. Perusahaan global lain

                           menggunakan model penempatan staf polycentric menekankan penggunaan HCN

                           dengan anggapan bahwa HCN memiliki pemahaman terbaik tentang pasar lokal.
                           Terakhir, model penempatan staf geocentric menempatkan HCN, PCN dan TCN

                           di posisi yang sama, perusahaan hanya akan menempatkan orang terbaik yang ada,

                           tanpa melihat dia berasal dari mana.
               (2)  Rekrutmen dan Seleksi

                     Cakupan  globalisasi  perusahaan,  level  sentralisasi  dan  filosofi  penempatan  staf
                               DOKUMEN
                     membantu dalam menentukan keterampilan dan kemampuan yang dibutuhkan.

                     (a)  Rekrutmen manajer
                           Setelah perusahaan global menentukan keterampilan dan kemampuan yang harus
                                                     IAI
                           dimiliki oleh seorang manajer global, langkah berikutnya adalah mengumpulkan

                           calon yang memenuhi syarat dan kemudian merekrut dan menyeleksi calon terbaik.
                           (i)   Rekrutmen manajer yang berpengalaman

                                Perusahaan global merekrut manajer yang berpengalaman melalui berbagai
                                jalur. Sumber umum untuk perekrutan adalah dalam perusahaan itu sendiri –

                                diantara karyawan yang telah bekerja di perusahaan di negara tuan rumah
                                (host country) atau mereka yang, meskipun saat ini bekerja di negara asal

                                (home country), namun mungkin telah dipersiapkan untuk penugasan global

                                di negara tuan rumah. Kelompok yang kedua ini dapat termasuk manajer
                                yang  belum  pernah  mendapat  penugasan  global  dan  manajer  yang

                                sebelumnya pernah mendapat penugasan global.

                                Perusahaan global mungkin juga mencoba mengidentifikasi calon manajer
                                yang bekerja di perusahaan lain, dapat berupa manajer regional negara asal

                                yang dianggap memenuhi syarat untuk suatu penugasan global atau manajer
                                yang  telah  bekerja  dalam  suatu  penugasan  global  untuk  perusahaan  lain.

                                Untuk  posisi  yang  lebih  tinggi,  perusahaan  sering  bergantung  pada  jasa



                                                           162
   163   164   165   166   167   168   169   170   171   172   173