Page 174 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 174

Berbagai kondisi akan menentukan seberapa sering penilaian kinerja terjadi. Dalam

                           suatu perusahaan domestik dapat terjadi setiap tiga bulan. Faktor geografis dapat
                           membatasi frekuensi dimana penilaian kinerja global dapat terjadi. Secara umum,

                           manajer global diharapkan untuk memasukkan laporan atas hasil berdasar-kinerja
                           ke kantor pusat secara reguler. Sepanjang laporan tersebut masuk dalam parameter

                           yang diterima, perusahaan kemungkinan besar melakukan suatu penilaian kinerja
                           formal secara tahunan. Namun, jika laporan standar menunjukkan suatu masalah,

                           penilaian kinerja mungkin dilakukan lebih sering dalam rangka membuat segala

                           sesuatunya kembali seperti yang seharusnya.
                     (b)  Menentukan kompensasi dalam perusahaan global

                           Agar tetap kompetitif, perusahaan harus menyediakan paket kompensasi umum

                           untuk manajer mereka dalam suatu pasar. Paket ini termasuk gaji dan non-gaji dan
                           ditentukan  oleh  kekuatan  pasar  tenaga  kerja  seperti  permintaan  dan  penawaran

                           bakat manajerial, status pekerjaan, permintaan lisensi profesional, standar hidup,
                               DOKUMEN
                           regulasi pemerintah, kode etik pajak, dan faktor sejenis.

                           (i)   Kompensasi untuk manajer ekspatriat
                                Berbagai  isu  kompensasi  yang  lebih  kompleks  terkait  dengan  manajer
                                                     IAI
                                ekspatriat.  Sebagian  besar  perusahaan  global  menganggap  penting  untuk

                                menyediakan kompensasi diferensial untuk mengejar perbedaan dalam nilai
                                mata uang, standar hidup, gaya hidup, dan lainnya.

                                Kompensasi diferensial diantaranya terdiri dari:
                                     Tunjangan biaya hidup, ditujukan untuk mengimbangi perbedaan biaya

                                      hidup di negara asal dan di negara tuan rumah.
                                     Hardship premium/foreign-service premium, yang merupakan bujukan

                                      agar seseorang mau menerima penugasan global, terutama ke wilayah

                                      konflik seperti Sudan atau Afganistan.
                                      Sistem  persamaan  pajak,  suatu  alat  untuk  memastikan  bahwa

                                      pendapatan setelah pajak seorang ekspatriat di negara tuan rumah sama

                                      dengan pendapatan setelah pajak yang akan diterima di negara asal.
                           (ii)  Paket tunjangan bagi manajer ekspatriat

                                Perusahaan global harus menyediakan tidak hanya penyesuaian gaji tetapi
                                juga tunjangan khusus diluar tunjangan standar seperti asuransi kesehatan

                                dan tunjangan liburan. Tunjangan khusus termasuk perumahan, pendidikan,
                                kesehatan, perjalanan ke negara asal dan kenggotaan klub.

                                                           168
   169   170   171   172   173   174   175   176   177   178   179