Page 85 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 85

SiStem informaSi
            dan Pengendalian internal






                 Aktivitas/Tahapan          Ancaman                           Pengendalian
                                                              •  Pemisahan fungsi penagihan dan pengiriman.
                                     Kegagalan dalam menagih  •  Rekonsiliasi  berkala  antara  faktur  tagihan,  tiket
                                                               pengemasan, dan dokumen pengiriman.
                                                              •  Konfirgurasi sistem untuk memasukkan data harga secara
                                                               otomatis.
                                                              •  Pembatasan akses terhadap data master harga barang.
                                     Kesalahan dalam penagihan  •  Pengendalian atas pengeditan data.
                                                              •  Rekonsiliasi  dokumen  pengiriman  (tiket  pengemasan,
                                                               bill of lading, dan daftar pengemasan) dengan pesanan
                                                               penjualan.

                    Penagihan                                 •  Pengendalian atas entri data.
                                                              •  Rekonsiliasi batch total.
                                     Kesalahan dalam pencatatan ke   •  Mengirimkan laporan tagihan bulanan ke para pelanggan.
                                     dalam akun piutang
                                                              •  Rekonsiliasi akun-akun di buku pembantu dengan buku
                                                               besar.

                                                              •  Pemisahan  tugas  atas  otorisasi  memo  kredit  baik  dari
                                                               entri pesanan penjualan maupun dari yang menangani
                                                               akun pelanggan.
                                     Memo kredit yang tidak akurat
                                     atau tidak sah.          •  Sistem konfigurasi untuk memblokir memo kredit kecuali
                                                               jika ada dokumentasi yang menyertainya atas barang yang
                                                               di retur karena rusak atau jika ada otorisasi khusus oleh
                               DOKUMEN
                                                               manajemen.
                                                              •  Pemisahan  tugas  antara  orang  yang  menangani  akun
                                                               piutang pelanggan dengan yang memberikan kredit
                                                               pelanggan.
                                                              •  Rekonsiliasi bank secara berkala dengan jumlah kas yang
                                                     IAI
                                                               tercatat oleh seseorang yang indepenen dari prosedur
                                                               penagihan kas.
                                                              •  Penggunaan  Electronic Fund Transfer (EFT),  Financial
                                                               Electronic Data Interchange (FEDI), dan sistem lockboxes
                                     Pencurian kas             untuk  meminimalkan  penanganan pembayaran  dari
                                                               pelanggan oleh pegawai.
                   Penagihan kas                              •  Pengesahan semua cek-cek pelanggan dengan segera dan
                                                               terbatas.
                                                              •  Menugaskan  dua  orang  untuk  membuka  semua  surat-
                                                               surat  yang  besar  kemungkinan berisi  pembayaran  dari
                                                               pelanggan.
                                                              •  Penggunaan register kas.
                                                              •  Penyimpanan (deposit) penerimaan kas secara harian.
                                                              •  Pengaturan dengan sistem lockbox, EFT atau kartu kredit
                                                              •  Diskon  untuk  pembayaran  yang  dilakukan  segera  dari
                                     Masalah arus kas
                                                               pelanggan
                                                              •  Anggaran arus kas.
























     76      Ikatan Akuntan Indonesia
   80   81   82   83   84   85   86   87   88   89   90