Page 87 - Modul CA - Sistem Informasi dan Pengendalian Internal (Plus Soal)
P. 87

SiStem informaSi
            dan Pengendalian internal






                 Aktivitas/Tahapan          Ancaman                           Pengendalian
                                     Menerima barang yang tidak   •  Mengharuskan  adanya  persetujuan  atas  pesanan
                                     dipesan                   pembelian sebelum menerima barang.
                                                              •  Tidak  menginformasikan  petugas  penerima  barang
                                                               mengenai kuantitas yang dipesan.
                                                              •  Mengharuskan  petugas  penerima  barang  untuk
                                                               menandatangani laporan penerimaan barang.
                                                              •  Insentif.
                                     Kesalahan dalam penghitungan   •  Dokumentasi transfer barang ke gudang.
                                     barang
                                                              •  Penandaan dengan menggunakan barcode dan  RFID
                                                              •  Konfigurasi  sistem  ERP  untuk  menandai  adanya
                                                               perbedaan dalam jumlah yang diterima dengan jumlah
                    Penerimaan                                 yang dipesan yang melebihi batas toleransi yang dapat
                                                               diterima untuk diselidiki lebih jauh.
                                                              •  Pengendalian anggaran.
                                     Verifikasi tanda terima jasa
                                                              •  Audit.
                                                              •  Pembatasan akses fisik terhadap persediaan barang.
                                                              •  Dokumentasi semua transfer persediaan antara pegawai
                                                               penerimaan dan persediaan.
                                     Pencurian persediaan     •  Perhitungan  fisik  persediaan  dan  rekonsiliasi  atas
                                                               persediaan yang tercatat.
                                                              •  Pemisahan tugas antara yang menerima barang dengan
                               DOKUMEN
                                                               yang menyimpan barang.
                                                              •  Verifikasi ulang akurasi faktur pemasok.
                                                              •  Mengharuskan adanya rincian dokumen untuk pembelian
                                                               dengan menggunakan kartu pembelian.
                                     Kesalahan  dalam  faktur  •  Penggunaan  Evaluated Receipt Settlement (ERD) untuk
                                     pemasok                   pendekatan pembelian yang tanpa menggunakan faktur
                Persetujuan atas faktur                        (invoiceless approach)
                                                              •  Pembatasan atas akses ke data pemasok
                  tagihan pemasok                    IAI
                                                              •  Verifikasi  antara  slip  pengiriman  (freight bill) dan
                                                               penggunaan moda pengiriman yang telah disetujui.
                                                              •  Pengendalian entri data.
                                     Kesalahan dalam pencatatan ke
                                     dalam akun utang         •  Rekonsiliasi  atas  catatan  rincian  utang  dengan  akun
                                                               pengendali di buku besar.
                                     Kegagalan dalam mendapatkan   •  Mengisi faktur dengan tanggal terakhir diskon.
                                     keuntungan  dari  diskon  •  Anggaran arus kas
                                     pembayaran lebih cepat
                                                              •  Mengharuskan  semua  faktur  pemasok  dicocokkan
                                                               dengan dokumen-dokumen pendukungnya yang telah
                                                               dikonfirmasi/disahkan oleh bagian penerimaan dan
                                                               persediaan.
                                     Membayar barang yang tidak
                                     pernah diterima          •  Anggaran (untuk jasa).
                                                              •  Mengharuskan  adanya  bukti  pembayaran  untuk  biaya
                  Pengeluaran kas                              perjalanan.
                                                              •  Penggunaan  kartu  kredit  perusahaan  untuk  biaya
                                                               perjalanan.
                                                              •  Mengharuskan  adanya  faktur  dan  bukti  pendukung
                                                               (voucher package) yang lengkap untuk memproses semua
                                                               jenis pembayaran.
                                     Duplikasi pembayaran     •  Kebijakan untuk hanya membayar jika ada faktur asli dari
                                                               pemasok.
                                                              •  Membatalkan semua dokumen pendukung segera setelah
                                                               pembayaran selesai dilakukan.








     78      Ikatan Akuntan Indonesia
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92