Page 445 - MODUL AKAD, TATA KELOLA DAN ETIKA SYARIAH
P. 445
indikator, yakni karakteristik dan kompleksitas bisnis, sumber daya manusia,
teknologi informasi dan infrastruktur pendukung, fraud baik di internal maupun
eksternal, serta kejadian eksternal.
Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian dalam manajemen risiko
operasional, di antaranya:
1. Lingkungan kerja yang aman dan dapat melakukan proses kerja yang baik.
2. Pemenuhan unsur kepatuhan terhadap ketentuan dan hukum yang berlaku.
3. Posisi perusahaan dibandingkan dengan pesaing dalam hal kinerja,
kapitalisasi modal, kualitas aktiva produktif, tingkat dan kualitas laba,
kondisi likuiditas, serta sensitivitas terhadap risiko pasar.
4. Tindakan manajemen dalam memperbaiki kelemahan yang ditemukan
pengawas.
5. Ketepatan waktu dan akurasi dari keputusan manajemen.
6. Konsistensi keputusan dengan tujuan dan kebijakan yang telah ditetapkan
manajemen.
7. Keahlian manajemen dalam melakukan pengawasan operasional yang
efektif dan berkualitas.
8. Pertimbangan terhadap situasi mutakhir yang terjadi pada lingkungan
operasional yang dapat memengaruhi kinerja di masa depan.
9. Struktur organisasi yang efektif untuk mengatur pembagian tugas dan
tanggung jawab yang jelas. Dengan demikian terjadi pendelegasian
wewenang dan monitoring pelaksanaan wewenang yang dapat dijalankan
dengan jelas. Disertai kemudahan komuniasi antar-unit kerja.
10. Sistem identifikasi kebutuhan pegawai baik kuantitas maupu kualifikasi
yang sesuai, penetapan uraian kerja yang baik (job description), perekrutan,
penerapan sistem remunerasi yang bersaing, kesempatan pelatihan bagi
pegawai, serta persiapan perencanaan suksesi.
11. Sistem informasi manajemen yang memberikan informasi mengenai status
entitas, agar dapat dengan cepat mengidentifikasi masalah secara dini.
12. Penetapan prosedur pengendalian operasional perusahaan dan penetapan
sistem pengendalian internal.
435 |MODUL USAS LEVEL PROFESIONAL – AKAD, TATA KELOLA DAN ETIKA SYARIAH