Page 129 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 129

(a)  Kelas produk : kategori produk yang luas sepeti mobil, mesin cuci, koran (disebut

                           juga sebagai produk generik).
                     (b)  Bentuk produk : di dalam kelas produk ada berbagai bentuk produk yang dapat

                           diambil oleh suatu produk misalnya surat kabar harian nasional atau surat kabar
                           lokal mingguan.

                     (c)  Merk : Jenis tertetu dari suatu bentuk produk (misalnya Toyota Avanza)
                     Siklus  hidup  porduk  berlaku  dalam  level  yang  berbeda  untuk  masing-masing  aspek.

                     Kelas produk misalnya mobil, mungkin memiliki tahap maturity yang panjang dan merk

                     tertentu yang mungkin memiliki siklus hidup yang tidak praktis atau praktis misalnya
                     Rolls Royce. Namun bentuk produk cenderung untuk menyesuaiakan diri seperti yang

                     terdapat pada gambar 4.5 Siklus Hidup Industri.

                      Tahapan dalam siklus hidup                 Keterangan

                      Tahap perkenalan                           Suatu  produk  baru  membutuhkan  waktu

                               DOKUMEN
                                                                 untuk dapat diterima oleh pembeli dan ada
                                                                 pertumbuhan  penjualan  yang  lambat.

                                                                 Biaya  unit  tinggi  karena  output  yang

                                                                 rendah dan promosi penjualan yang mahal.
                                                     IAI
                                                                 Mungkin ada masalah awal saat produksi.

                                                                 Produk  yang  diproduksi  saat  ini  adalah
                                                                 membuat kerugian.

                      Tahap pertumbuhan                          Jika  produk  baru  tersebut  dapat  diterima
                                                                 pasar,  penjualan  pada  akhirnya  akan

                                                                 meningkat  lebih  tajam  dan  produk  akan

                                                                 mulai menghasilkan keuntungan. Pesaing
                                                                 tertarik, penjualan dan produk meningkat,

                                                                 biaya per unit turun.

                      Tahap kedewasaan                           Tingkat pertumbuhan penjualan melambat
                                                                 dan produk mencapai periode jatuh tempo

                                                                 yang    mungkin    merupakan     periode
                                                                 terpanjang dalam kehidupan produk yang

                                                                 sukses. Senagian besar produk di pasaran
                                                                 akan  berada  pada  tahap  matang  dalam

                                                                 hidup. Keuntungan pada tahap ini adalah



                                                           123
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134