Page 130 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 130

sesuatu yang baik.















                      Tahap Penurunan                            Akhirnya, penjualan akan mulai menurun
                                                                 sehingga ada kelebihan kapasitas produksi

                                                                 di industri. Terjadi persaingan ketat, laba

                                                                 jatuh     dan     beberapa      produsen
                                                                 meninggalkan  pasar.  Produsen  yang

                                                                 tersisa mencari cara untuk memperpanjang
                                                                 masa pakai produk dengan memodifikasi

                               DOKUMEN
                                                                 dan mencari segmen pasar baru.  Banyak
                                                                 produsen  yang  enggan  meninggalkan
                                                                 pasar, meskipun beberapa mau tidak mau

                                                                 melakukannya  karena  keuntungan  yang
                                                     IAI                  Beberapa     produsen     dapat
                                                                 jatuh.

                                                                 melanjutkan  meskipun  ada  kerugian,

                                                                 mungkin  untuk  mendukung  produk
                                                                 pelengkap



                     Dalam proses analisis strategis, perencana harus menilai:

                     (a)  Tahap siklus hidup yang telah dicapai suatu produk

                     (b)  Sisa masa pakai setiap produk, yaitu berapa lama lagi produk akan berkontribusi
                           terhadap laba

                     (c)  Betapa mendesaknya kebutuhan untuk berinovasi untuk mengembangkan produk
                           baru dan lebih baik










                                                           124
   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135