Page 131 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 131
(6) Perencanaan Produk dan Pasar: Matrik BCG
Cara lain yang bermanfaat untuk melihat produk atau jasa yang terlibat dan
pemasarannya adalah menganalisis menggunakan matriks BCG.
Matriks BCG adalah matriks internal-external yang dibentuk secara khusus dalam rangka
meningkatkan usaha-usaha perusahaan yang memiliki multidivisi dengan merumuskan
strategi yang paling cocok. Metode BCG Matrik adalah sebuah perencanaan portofolio
model yang dikembangkan oleh Bruce Henderson dari Boston Consulting Group pada
tahun 1970 awal. Hal ini didasarka pada pengamatan bahwa unit bisnis perusahaan dapat
diklasifikasikan ke dalam empat kategori berdasarkan kombinasi dari pertumbuhan
pasar dan pangsa pasar relatif terhadap pesaing terbesar.
BCG mengembangkan matrik berdasarkan penelitian yang menilai suatu produk bisnis
dalam hal potensi yang menghasilkan kas dan kebutuhan pengeluaran kas. Produk atau
SBU, dikategorikan berdasarkan tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.
DOKUMEN
Definisi
Pangsa pasar adalah proporsi total penjualan barang atau jasa suatu perusahaan dari
berbagai sumber dibandingkan dengan total penjualan barang atau jasa pada industry
tertentu selama periode waktu tertentu. Pangsa pasar biasanya dinyatakan dalam
persentase. IAI
Menilai tinggi atau rendahnya pertumbuhan permintaan, semua tergantung dari kondisi
pasar.
Pangsa pasar itu sendiri dinilai sebagai rasio: pangsa pasar itu sendiri dibandingkan
dengan pangsa pasar pesaing terbesar. Dengan demikian pangsa pasar relatif yang
hasilnya lebih besar dari 1 menunjukkan bahwa produk atau SBU tersebut adalah
pemimpin pasar.
125