Page 131 - Modul CAFB Subyek Bisnis dan Ekonomi
P. 131

(6)  Perencanaan Produk dan Pasar: Matrik BCG

                     Cara  lain  yang  bermanfaat  untuk  melihat  produk  atau  jasa  yang  terlibat  dan
                     pemasarannya  adalah menganalisis menggunakan matriks BCG.

                     Matriks BCG adalah matriks internal-external yang dibentuk secara khusus dalam rangka
                     meningkatkan usaha-usaha perusahaan yang memiliki multidivisi dengan merumuskan

                     strategi yang paling cocok. Metode BCG Matrik adalah sebuah perencanaan portofolio
                     model yang dikembangkan oleh Bruce Henderson dari Boston Consulting Group pada

                     tahun 1970 awal. Hal ini didasarka pada pengamatan bahwa unit bisnis  perusahaan dapat

                     diklasifikasikan  ke  dalam  empat  kategori    berdasarkan  kombinasi  dari  pertumbuhan
                     pasar dan pangsa pasar relatif terhadap pesaing terbesar.

                     BCG mengembangkan matrik berdasarkan penelitian yang menilai suatu produk bisnis

                     dalam hal potensi yang menghasilkan kas dan kebutuhan pengeluaran kas. Produk atau
                     SBU, dikategorikan berdasarkan tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif.


                               DOKUMEN
                     Definisi

                     Pangsa  pasar  adalah  proporsi  total  penjualan  barang  atau  jasa  suatu  perusahaan  dari
                     berbagai sumber dibandingkan dengan total penjualan barang atau jasa pada industry

                     tertentu  selama  periode  waktu  tertentu.  Pangsa  pasar  biasanya  dinyatakan  dalam

                     persentase.                     IAI


                     Menilai tinggi atau rendahnya pertumbuhan permintaan, semua tergantung dari kondisi
                     pasar.

                     Pangsa  pasar  itu  sendiri  dinilai  sebagai  rasio:  pangsa  pasar  itu  sendiri  dibandingkan
                     dengan  pangsa  pasar  pesaing  terbesar.  Dengan  demikian  pangsa  pasar  relatif  yang

                     hasilnya  lebih  besar  dari  1  menunjukkan  bahwa  produk  atau  SBU  tersebut  adalah

                     pemimpin pasar.














                                                           125
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136